Meski Lapar Sekalipun, Makanan Ini Nyatanya Tidak Baik untuk Anda Konsumsi saat Berbuka Puasa!

konsumsi saat berbuka puasa

Bulan Ramadan telah tiba, dan seluruh umat Muslim pun sekarang ini sudah mulai menjalani ibadah puasa. Momen puasa ini kerap ditunggu-tunggu karena suasananya yang dirasa berbeda, di mana Anda wajib menahan lapar kurang lebih 13 jam dalam sehari, hingga Hari Raya Idul Fitri tiba. Setelah seharian berpuasa, tentu banyak dari Anda yang tidak sabar menyantap hidangan yang sudah tersaji sebagai menu berbuka. Akan tetapi, jangan asal makan begitu saja karena nyatanya ada beberapa jenis makanan yang tidak baik untuk Anda konsumsi saat berbuka puasa. Bahkan, makanan ini dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda. Yuk, simak ulasannya berikut.

5 Makanan yang Sebaiknya Tidak Anda Konsumsi saat Berbuka Puasa

1. Minuman Berkarbonasi

minuman bersoda
sumber: alodokter

Ya, meski terasa segar, nyatanya minuman ini tidak dianjurkan untuk Anda konsumsi saat berbuka puasa. Seperti yang kita ketahui, minuman berkarbonasi atau bersoda ini mengandung gas yang tinggi. Bayangkan saja, bagaimana nantinya minuman ini akan bereaksi di dalam perut Anda yang kosong karena seharian berpuasa? Dampak yang bisa terasa salah satunya yakni perut Anda menjadi perih tak karuan. Untuk itu, usahakan menghindari minuman bersoda atau beralkohol selama bulan puasa ini demi kesehatan Anda.

2. Makanan yang Mengandung Kadar Gula Tinggi

Sumber: mapledonuts

Mungkin, Anda berasumsi mengonsumsi makanan atau minuman manis saat berbuka puasa akan terasa lezat di mulut. Namun, efek yang diberi dari makanan manis tersebut tidak semanis rasanya. Makanan dan minuman manis pada dasarnya boleh Anda konsumsi sebagai menu berbuka, akan tetapi tidak secara berlebihan. Salah satu makanan yang sebaiknya Anda hindari ialah kue dan donat karena mengandung lemak yang tinggi. Dan inilah yang kerap menyebabkan menaiknya berat badan di bulan puasa karena konsumsi makanan manisnya yang berlebih.

Baca Juga : Jangan Lakukan 5 Hal Sepele Ini di Kantor Jika Tak Ingin Batal Puasa!

3. Goreng-Gorengan

Sumber: today.line

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa makanan yang satu ini memang sangat laku diburu saat menjelang buka puasa. Selain praktis, rasanya pun lezat. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa gorengan mengandung lemak jenuh tinggi dan juga kolesterol yang tentunya dapat membahayakan kesehatan Anda? Tak hanya itu saja, mengonsumsi gorengan setelah seharian berpuasa juga berisiko pada radang karena minyaknya tersebut. Oleh karena itu, boleh sesekali mengonsumsi ini, namun harus diselingi dengan makanan yang bergizi akan kesehatan tubuh tetap terjaga selama berpuasa.

4. Makanan Pedas

manfaat kesehatan

Rasanya, bukan hal yang aneh lagi bahwa makanan pedas menjadi salah satu menu yang sebaiknya tidak Anda konsumsi saat berbuka puasa. Mengapa? Karena makanan pedas ini berisiko membahayakan lambung dan umumnya dapat menaikkan asam lambung, terlebih saat dikonsumsi sebagai menu berbuka, di mana perut Anda dalam kondisi yang kosong. Hal inilah yang kerap menyebabkan munculnya penyakit maag. Namun, bila Anda memang penggila cabe dan tidak bisa makan kalau tak ada rasa pedasnya, konsumsilah dengan porsi secukupnya.

5. Makanan Karbohidrat

Sumber: membuatdodol

Tentunya, setelah seharian menahan lapar, Anda butuh makanan yang dapat membuat perut kenyang. Ya, orang Indonesia menjadi salah satunya yang belum bisa kenyang bila tidak menyantap makanan karbohidrat seperti nasi. Namun, yang tidak baik untuk dikonsumsi saat berbuka di sini bukan nasi, melainkan ubi ataupun singkong. Mengapa? Karena kedua makanan ini dapat membuat perut menghasilkan gas, yang nantinya dapat berdampak pada sakit lambung bila Anda mengonsumsinya secara berlebih.

Demi menjaga kesehatan Anda selama berpuasa, ada baiknya selalu sediakan beberapa menu sehat seperti sayur dan buah-buahan. Lantas, sudah menyiapkan menu apa untuk berbuka nanti?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here