Tahap Membuat Konten Instagram Live yang Menarik buat Followers

Konten Instagram live menjadi salah satu media marketing yang mulai dilirik banyak brand dan perusahaan. Fitur Instagram ini memang cukup menjanjikan untuk menarik engagement dari para followers. Oleh sebab itu, butuh trik tersendiri untuk menjadikan fitur live ini bermanfaat bagi marketing.

Jangan asal ikut-ikutan tren semata dalam membuat konten Instagram live. Perhatikan dulu tahapan berikut ini agar konten yang dibuat jelas dan tepat sasaran bagi followers. Simak ya!

Tentukan Tujuan

Pertama-tama, buat tujuan jelas dari konten Instagram live yang dibuat. Misalnya, tetapkan target berapa jumlah pengunjung yang akan menikmati live tersebut. Lalu, bikin target penambahan jumlah followers jika diperlukan.

Perhatikan pula tujuan yang bersifat non-komersil, seperti membangun hubungan lebih baik dengan followers. Persiapkan konten sebaik-baiknya, mulai dari topik, durasi waktu, alur, hingga poin-poin yang akan disampaikan. Tujuan seperti ini sangat membantu target marketing dari fitur live ini tepat sasaran.

Promosikan Sesi Instagram Live

Jauh sebelum melakukan sesi live, pastikan para followers tahu dan mengikuti sesi tersebut. Buat promosi mengenai Instagram live lewat konten di feeds maupun instastory. Tujuannya agar followers sengaja meluangkan waktu dan menanti sesi live.

Melupakan tahap ini biasanya menjadi kesalahan cukup fatal. Pasalnya, jangan sampai susah-susah menyipakan konten Instagram live tapi tidak banyak followers yang mengikuti. Pemberian informasi lebih dini sangat efektif menjaring lebih banyak penonton.

Baca Juga: Tips Menjadi Copywriter yang Baik, Nggak Sekadar Menulis Loh

Persiapkan Sesi Q&A

Selama sesi live Instagram berlangsung, siapkan satu atau dua sesi untuk bertanya jawab dengan pengunjung. Manfaatkan interaksi ini untuk lebih dekat dengan para followers. Meski tidak semua pertanyaan bisa terjawab, setidaknya ada masalah atau masukan yang ditanggapi langsung.

Sesi Q&A ini sangat efektif juga untuk menaikkan engagement Instagram. Terlebih jika banyak pertanyaan dari followers bisa terjawab. Luangkan kesempatan juga untuk membaca komentar yang masuk secara real time selama sesi live berlangsung.

Tutup dengan Call to Action

Konten Instagram live yang baik sebaiknya ditutup dengan call to action (CTA). Bahkan, CTA bisa dijadikan tujuan utama dalam membuat konten live. Pastikan followers tergerak melakukan sesuatu di akhir sesi live tersebut.

Trik ini cocok dipakai dalam rencana rilis produk baru atau promo. Jika pengunjung cukup antusias sepanjang sesi live, bisa dipastikan tujuan CTA bisa tercapai.

Persiapkan konten Instagram live sebaik-baiknya agar mampu menjaring minat para followers. Gunakan fitur live ini sebagai strategi marketing paling efektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here