Kopi Cold Brew: Solusi Minum Kopi Tanpa Kafein dan Asam Berlebihan

Kopi memang minuman populer yang sangat akrab bagi masyarakat Indonesia. Kendati demikian, masih banyak orang yang tidak sanggup minum kopi karena sensitif terhadap kafein atau kandungan asamnya. Salah satu solusi yang bisa dicoba oleh kamu yang sensitif terhadap kafein dan asam adalah konsumsi kopi cold brew.

Mari kenalan lebih dekat dengan kopi cold brew supaya kamu bisa membuatnya sendiri di rumah!

Apa yang Dimaksud dengan Kopi Cold Brew?

Pada umumnya kopi dibuat dengan proses seduh menggunakan air panas. Namun, berbeda dengan kopi cold brew. Cara menyeduh kopi ini hanya mengandalkan air bertemperatur ruang atau air dingin.

Tidak seperti kopi seduhan air panas yang bisa langsung dinikmati, kamu butuh waktu lebih lama bila mengandalkan teknik cold brew. Idealnya, kopi dengan teknik seduh ini baru bisa dinikmati 8 hingga 12 jam setelah diseduh.

Lebih Sehat daripada Kopi Seduhan Air Panas

Tak banyak orang yang tahu kalau kopi cold brew lebih sehat daripada kopi seduhan air panas. Seporsi sajian cold brew hanya mengandung kafein sebanyak 40 mg, sedangkan kopi dengan air panas bisa mengandung kafein hingga 61 mg. Begitu juga kandungan asamnya hanya 6,31 untuk kopi teknik cold brew pH. Berbeda jauh dengan kopi seduhan air panas yang pH-nya kurang lebih 5,48.

Baca Juga: Yuk, Mengulik Kandungan Gizi Gula Aren dalam Es Kopi Susu Kekinian!

Ini terjadi karena proses cold brew tidak mempengaruhi ekstrak kafein dan asam dalam kopi. Sehingga kopi yang dihasilkan memiliki kandungan kafein dan asam yang lebih rendah.

Orang yang sensitif terhadap kafein atau mengalami penyakit pencernaan disarankan menyeduh kopi dengan teknik yang satu ini.

Tips Membuat Kopi Cold Brew Nikmat ala Rumahan

Kamu bisa mengikuti beberapa tips cold brew ini untuk menghasilkan seduhan yang nikmat:

  • Pastikan kamu menggunakan bubuk kopi berkualitas, baik arabica maupun robusta. Untuk meminimalkan tingkat keasaman hasil seduhan, sebaiknya kamu memilih kopi robusta.
  • Usahakan untuk menggunakan air yang sudah melalui proses filtrasi untuk menghasilkan cita rasa kopi terbaik. Jika tidak memiliki air hasil penyulingan, air mineral bisa menjadi alternatif yang tepat.
  • Gunakan wadah kaca yang bersih untuk menyimpan kopi yang sudah diseduh selama beberapa jam. Jangan sampai ada aroma makanan lain pada wadah tersebut sehingga aroma kopi rusak.
  • Sebaiknya kamu tidak menambahkan gula secara berlebihan supaya kandungan kalori kopi tidak meningkat drastis. Sebagai alternatif, kamu juga bisa menambahkan pemanis rendah kalori atau madu untuk memperkaya cita rasa kopi seduhanmu.

Sudah siap menyeduh kopi cold brew sendiri di rumah?

Sekarang kamu tahu kan kalau menikmati kopi istimewa tidak selalu membutuhkan biaya mahal atau proses yang rumit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here