Ingin Kredit Mobil? Simak 5 Tips Ini agar Bujet Bulanan Tetap Aman

Saat ini membeli mobil lebih mudah dibandingkan dulu. Ada banyak pilihan merek dan jenis mobil yang sesuai dengan bujet yang kamu miliki. Namun, bagi kamu yang ingin membeli mobil secara kredit, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar bujet bulanan kamu tetap aman.

Membeli mobil secara kredit bisa langsung dilakukan di dealer mobil atau menggunakan layanan leasing. Namun, keduanya tetap membutuhkan pengeluaran dalam jumlah tertentu setiap bulannya untuk pembayaran kredit. Berikut ini beberapa tips membeli mobil secara kredit yang bisa kamu terapkan agar bujet bulanan tetap aman:

Persiapkan Down Payment yang Cukup

Untuk membeli mobil dengan cara kredit, biasanya membutuhkan down payment (DP) hingga 30 persen. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mempersiapkan DP lebih dari 30 persen, semisal, 50 persen atau 60 persen. Dengan begini, kamu akan lebih ringan membayar beban cicilan setiap bulannya.

Kamu juga selayaknya mengetahui aturan dan proses kredit mobil. Disamping itu, ketentuan-ketentuan yang ada dalam perjanjian kredit mobil juga harus dipahami dengan baik.

Jangan Terpancing Iklan

Iklan mobil biasanya menawarkan berbagai keunggulan yang dimiliki. Di antaranya, mesin baru, suku cadang mudah didapat, perawatan mudah, serta irit pemakaian bahan bakar. Namun, kamu tetap harus memeriksa apakah keunggulan tersebut benar adanya. Kamu tentunya tidak ingin bujet bulanan habis untuk biaya perawatan saat mobil masih dalam masa kredit.

Membeli Mobil di Pameran

Saat ada pameran, dealer mobil baru biasanya menawarkan diskon khusus. Kesempatan ini bisa digunakan untuk mengurangi beban DP atau cicilan. Dengan mendatangi pameran, kamu juga bisa membandingkan harga satu merek mobil dengan lainnya dengan lebih cepat dan mudah.

Baca Juga: Jangan Terburu-buru Tukar Tambah Mobil, Hitung Dulu Untung dan Ruginya!

Selain membeli mobil saat pameran, kamu juga bisa membeli mobil di waktu-waktu tertentu dealer mobil sering menawarkan diskon. Seperti di awal tahun, akhir tahun atau setelah Lebaran.

Bujet Premi Asuransi

Pembelian mobil baru biasanya disertai dengan penawaran asuransi. Pertimbangkan baik-baik apakah bujet yang ada juga cukup untuk membayar preminya. Jika tidak, pertimbangkan untuk membeli mobil yang lebih murah. Kamu juga bisa memilih untuk tidak menggunakan asuransi meski hal itu mendatangkan resiko tersendiri.

Membeli Mobil Lewat Leasing

Layanan leasing mobil membantu kamu meringankan cicilan kredit mobil. Namun, ada beberapa hal yang diperhatikan jika menggunakan leasing. Yaitu:

  • Pilihlah perusahaan leasing yang dipercaya.
  • Pilih pinjaman yang memiliki asuransi.
  • Punya akses pembayaran cicilan yang mudah.
  • Pertimbangkan apakah memerlukan fidusia (jaminan hak kepemilikan).

Dengan menerapkan beberapa tips tersebut, kamu bisa melakukan proses dan pembayaran kredit mobil dengan nyaman. Bujet bulanan yang ada juga tidak terganggu dan kamu bisa tetap melakukan pengeluaran bulanan lainnya dengan aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here