Kredit Ultra Mikro: Solusi bagi Usaha Mikro yang Butuh Dana Segar

kredit ultra mikro
Sumber: Okezone

Ternyata ada bisnis yang lebih sederhana daripada Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Usaha kecil dengan modal relatif sedikit tersebut dikenal dengan istilah bisnis ultra mikro. Para pengusaha mikro kerap mengalami kendala untuk urusan permodalan. Namun kini sudah ada solusi permodalan yang disebut dengan kredit ultra mikro.

Apakah Anda berminat meminjam dana dari program kredit ultra mikro?

Bila Anda membutuhkan pinjaman modal, berarti Anda harus menyimak ulasan penting berikut ini:

Rencana Pendanaan Pemerintah pada tahun 2019

Pemerintah berencana menganggarkan dana sebesar tiga triliun rupiah untuk kredit ultra mikro pada tahun 2019. Rencana tersebut akan direalisasikan karena tercatat ada 608 ribu bisnis ultra mikro mulai berkembang di tanah air pada tahun 2018. Itulah sebabnya kredit untuk bisnis berskala ultra mikro dianggap penting demi mendukung perkembangan sektor perekonomian secara keseluruhan. Anggaran tersebut sudah dimulai sejak tahun 2017 sebesar 1,5 triliun. Kemudian nilainya ditingkatkan pada tahun 2018 dan 2019 karena potensinya sangat besar bagi bidang bisnis di Indonesia.

Baca Juga: Bersama Pemerintah Pusat dan Daerah, Bukalapak Bantu Naikkan Kelas Para Pengusaha Mikro

Dana yang Disiapkan untuk Setiap Bisnis Mikro

Sumber: Berita Baca

Program kredit ultra mikro menyiapkan dana maksimal 10 juta rupiah untuk setiap bisnis ultra mikro. Dana tersebut tentu lebih kecil dibandingkan dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang nilainya maksimal 25 juta rupiah untuk bisnis mikro dan 500 juta rupiah untuk bisnis ritel.

Tenor Pinjaman Relatif Singkat

Jangka waktu pinjaman kredit ultra mikro hanya berkisar selama 52 minggu saja. Karena bisnis mikro dianggap lebih cepat mencapai Break Event Point (BEP) atau balik modal. Sehingga jangka waktu pinjamannya bisa lebih singkat daripada KUR yang lebih dari satu tahun.

Bunga Rendah untuk Mempermudah Pebisnis

Sumber: Kompas

Jika Anda adalah pebisnis ultra mikro yang sedang butuh dana, memanfaatkan program kredit ultra mikro tersebut adalah solusi terbaik. Karena program tersebut memperoleh subsidi dari Pusat Investasi Pemerintah (PIP). Sehingga bunganya sangat rendah, hanya berkisar di angka 2% hingga 4% saja. Prosedur pinjamannya tidak sulit dan bisa diajukan ke beberapa Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB), misalnya PT Pegadaian.

Kalau Anda sedang butuh modal, jangan ragu memanfaatkan dana dari kredit ultra mikro. Agar Anda bisa mengembangkan bisnis secara maksimal tanpa terbebani oleh kredit berbunga besar.

Beri komentar Anda tentang artikel ini