Inilah Kriteria Foto Untuk Lamaran Kerja Agar Diterima Perusahaan

Kriteria foto
sumber: ruangpegawai

Lamaran kerja sangat berperan penting untuk menentukan apakah Anda akan mendapatkan panggilan wawancara kerja atau tidak. Untuk itu, segala hal yang berkaitan dengan lamaran kerja harus Anda persiapkan dan perhatian dengan baik, salah satu yang paling penting adalah foto. Kriteria foto pun menjadi salah satu bentuk pertimbangan dari pihak perusahaan ketika akan menerima seorang karyawan baru.

Mengetahui pentingnya melampirkan sebuah foto ketika akan melamar pekerjaan, Anda diharapkan untuk tidak mencantumkan foto secara asal ketika akan melamar sebuah pekerjaan. Ada sejumlah kriteria yang harus Anda perhatikan sebelum melampirkan foto di lamaran kerja Anda.

Kriteria Foto Agar Lamaran Kerja Diterima Oleh Perusahaan

Contoh foto yang baik ketika melamar kerja

  • Buatlah foto pas pinggang saja dan hindari melampirkan foto yang full-body karena hanya akan memenuhi CV Anda. Namun jika perusahaan mensyaratkan hal tersebut, maka tidak masalah.
  • Perhatikan pakaian yang Anda kenakan di dalam foto agar terlihat profesional. Pria umumnya menggunakan jas, dan wanita menggunakan blazer. Hindarilah pakaian yang terlalu mencolok dan tidak disarankan menggunakan perhiasan yang terlalu banyak. Tunjukkan bahwa Anda bisa bersikap profesional meskipun hanya dalam sebuah foto.
  • Hindari menggunakan make-up yang terlalu tebal dan mewarnai rambut selain warna rambut alami (warna hitam adalah warna rambut yang umum di Indonesia). HRD tidak akan tertarik dengan Anda karena warna rambut yang berbeda dari pelamar yang lainnya.
  • Usahakan foto CV memperlihatkan telinga Anda. Hal ini akan membuat tampilan foto Anda terlihat lebih rapi. Anda bisa menggerai atau pun mengikat rambut Anda.
  • Ekspresi yang natural akan lebih menarik di mata perusahaan di bandingkan dengan ekspresi yang dibuat-buat. Selain itu, jangan membuat pose yang tidak perlu dan berikan senyum terbaik Anda agar memberikan kesan ramah dan terbuka kepada perusahaan. Ingat, ekspresi Anda di dalam foto dapat menjadi cerminan diri.
  • Gunakanlah foto resmi untuk dilampirkan di CV, jangan sampai Anda melampirkan foto selfie atau foto pribadi yang terdapat pada akun social media Anda.
  • Duduklah dalam posisi yang tegap ketika mengambil foto sehingga akan menimbulkan kesan tegas pada diri Anda.

Itulah sejumlah cara yang bisa Anda terapkan untuk membuat foto yang akan dilampirkan pada lamaran kerja agar dilirik oleh HRD. Foto yang dilampirkan dalam lamaran kerja bisa menggambarkan profesionalitas serta personalitas Anda.