Kriteria Karyawan Bisa Naik Jabatan, Kamu Sudah Memilikinya?

Karyawan yang hendak naik jabatan tentu butuh memenuhi beberapa persyaratan tertentu. Tidak semua karyawan bisa mulus promosi karena banyak faktor yang dipertimbangkan perusahaan. Bahkan, durasi kerja yang lama pun tidak jadi jaminan karyawan bisa promosi duluan daripada karyawan baru.

Lalu, butuh apa saja sih biar seorang karyawan bisa naik jabatan? Berikut beberapa kriteria yang setidaknya harus sanggup dipenuhi.

Kinerja Bagus dan Berpotensi Jadi Pemimpin

Syarat pertama tentu saja karyawan tersebut harus punya rekam jejak kinerja bagus. Senantiasa lebih menonjol dan berprestasi memungkinkan karyawan naik jabatan lebih cepat. Kinerja di sini jelas melingkupi banyak hal, baik hard skill maupun soft skill.

Selain kinerja, karyawan seharusnya punya jiwa kepemimpinan. Percuma saja bekerja baik dan terkesan hebat, tapi tidak mampu menggerakkan tim. Itu sebabnya, karyawan dengan jiwa kepemimpinan minim bisa kalah dari karyawan yang lebih cakap dalam memotori kerja tim.

Mampu Belajar serta Beradaptasi dengan Baik

Kriteria selanjutnya agar karyawan mampu naik jabatan adalah sikap mau belajar. Maklum, tidak semua karyawan sungguh-sungguh belajar hal-hal baru dalam berkarier. Banyak karyawan yang sudah merasa cukup menerima gaji bulanan tanpa merasa perlu mengembangkan diri lebih baik.

Sikap mau belajar ini harus dibarengi dengan kemampuan adaptasi yang baik. Menjadi pemimpin berarti harus selalu siap dengan berbagai perubahan. Tanpa sikap adaptif, rasanya cukup sulit karena pemimpin biasanya butuh cepat dalam mengambil keputusan di saat terdesak sekali pun.

Baca Juga: Ingin Naik Jabatan? Kerja Keras Saja Tidak Cukup, Lakukan 3 Hal Ini

Kemungkinan Memiliki Loyalitas

Perusahaan tentu enggan memberi kenaikan jabatan bagi karyawan yang loyalitasnya dipertanyakan. Ada beberapa karyawan gigih naik pangkat demi lebih mudah mengincar karier di perusahaan lain. Perusahaan jelas lebih butuh karyawan yang punya komitmen lebih panjang, bukan sekadar main-main.

Loyalitas inilah yang kemudian menjadi parameter layak tidaknya seseorang naik jabatan. Tidak ada perusahaan yang mau mengembangkan potensi karyawan secara sia-sia. Jangan sampai selepas promosi, karyawan tersebut hanya bertahan satu tahun kemudian resign ke tempat lain.

Punya Tekad Tinggi untuk Menaikkan Level

Terakhir, perusahaan akan memilih karyawan untuk naik jabatan bagi mereka yang sungguh-sungguh. Karyawan tersebut harus punya visi jangka panjang untuk mencapai tujuan karier di perusahaan tersebut. Nah, tekad semacam inilah yang kadang susah ditemukan perusahaan.

Terlebih di zaman sekarang, sudah sangat wajar jika karyawan bekerja ibarat “kutu loncat”. Jangankan ingin naik jabatan, ada kalanya karyawan mudah bosan dan mencari pekerjaan baru. Karyawan dengan tekad kuat untuk naik level jauh lebih dipertimbangkan perusahaan dalam memberi promosi.

Sudahkah kamu memenuhi kriteria di atas? Menjadi karyawan yang bisa naik jabatan tentu butuh proses, jadi persiapkan rencana kariermu dengan baik mulai sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here