Ternyata 3 Kualifikasi Ini Lebih Penting dari IQ, Apakah Anda Memilikinya?

Memiliki nilai Intelligence Quotient (IQ) atau kecerdasan intelektual adalah parameter yang digunakan untuk mengukur seberapa cerdas seseorang di antara nilai rata-rata seusianya.

Lantas, apakah IQ satu-satunya yang terpenting? Adakah hal lain yang lebih penting dari IQ?

Satu hal yang harus dipahami adalah tidak semua orang cerdas menggunakan kecerdasannya untuk tujuan yang benar. Ada banyak faktor yang membuat orang dengan IQ tinggi justru tidak menikmati hidup. Jadi, selain memiliki IQ tinggi, Anda juga harus memiliki tiga kualifikasi lain berikut ini.

Motivasi dan Dorongan dalam Diri

Tidak masalah seberapa pintar Anda, jika Anda tidak melakukan apapun dengan kepintaran tersebut maka hasilnya akan nihil. Seseorang yang memiliki kecerdasan intelektual tinggi bak memiliki mesin yang bagus. Mesin yang bagus bisa bekerja lebih cepat dan memberikan kualitas lebih terjamin dibandingkan mesin biasa.

Namun, mesin bagus sekali pun tidak akan berjalan dengan baik jika tidak ada bahan bakar yang sesuai. Inilah yang menjadi perbedaan antara mereka yang sukses memanfaatkan IQ tinggi dan yang tidak berhasil menjadikan nilai IQ sebagai jaminan.

Artinya, jika tidak ada motivasi dan dorongan dalam diri untuk melakukan hal luar biasa maka kecerdasan intelektual hanyalah hiasan saja.

Rasa Empati

Selain motivasi dan dorongan, memiliki rasa empati juga termasuk salah satu atribut yang lebih penting dari IQ seseorang. Empati adalah kemampuan untuk terhubung dan memahami orang lain. Ini penting mengingat manusia adalah makhluk sosial yang harus melakukan interaksi.

Pada dunia nyata, tidak sedikit orang pintar hanya berkumpul dengan orang yang memiliki kepintaran setara. Mereka menutup diri dari dunia luar. Namun, jika Anda memiliki juga rasa empati, hal tersebut tidak akan pernah terjadi.

Sebaliknya, Anda akan berusaha membangun hubungan yang baik dengan orang lain karena Anda menganggap ini lebih penting daripada kecerdasan yang Anda miliki.

Baca Juga: Bill Gates: IQ Bukanlah Segalanya! Kenali Jenis Kecerdasan Ini agar Bisa Sukses

Open Minded

Kemampuan untuk terbuka pada ide-ide yang ada tidak dimiliki oleh semua orang. Apalagi jika Anda memiliki IQ tinggi, maka akan lebih sulit untuk menerima ide dari luar karena menganggap apa yang sudah Anda pikirkan lebih baik, penuh perhitungan dan lebih terbaca skenarionya.

Namun, jika Anda menggunakan kecerdasan tersebut untuk mendapatkan pemahaman yang lebih akurat, maka Anda melihat ide-ide di sekitar sebagai teropong lain untuk menemukan jalan paling efektif di antara jalan yang Anda miliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here