4 Kualitas Buruk yang Ditampilkan Saat Interview Kerja Berikut Bisa Membuat Anda Tersingkir

Lakukan 5 Hal Berikut Bila Anda Mulai Merasa Panik Saat Interview Kerja
Sumber: Thebalance

Kualifikasi dan pengalaman tertentu yang dimiliki oleh seorang kandidat karyawan dapat membuatnya menerima undangan interview kerja. Namun, usaha Anda tidak berhenti sampai di sana karena itu adalah satu dari sekian proses yang harus Anda lewati untuk bisa lolos seleksi perekrutan karyawan baru. Dan tahukah Anda? Kualitas yang Anda tampilkan saat pertama kali bertemu dengan pewawancara dapat menentukan apakah Anda akan mendapatkan pekerjaan atau tidak, tidak peduli walaupun Anda memiliki resume yang lengkap. Untuk itu, hindari beberapa kesalahan berikut agar Anda bisa mendapatkan posisi lowong di perusahaan.

Kualitas Terburuk Berikut Harus Ditinggalkan Saat Interview Kerja

Kurang Persiapan

yang tak boleh ditanyakan
Sumber : bryantarchway

Datang ke acara interview kerja tanpa mengatakan apapun mengenai perusahaan tempat Anda ingin bekerja menunjukan bahwa Anda kurang melakukan persiapan dan pewawancara pun bisa langsung melihat hal tersebut. Jika Anda ingin bisa sukses interview kerja, Anda perlu meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapat pekerjaan dengan mendiskusikan tentang proyek yang pernah Anda kerjakan, bahkan jika pewawancara tidak menanyakannya.

Saat melakukan interview kerja, Anda seharusnya bisa menyelipkan sesuatu yang sudah pernah Anda pelajari ke dalam diskusi bersama dengan pewawancara karena dengan begitu pewawancara menjadi tahu mengenai kisah pekerjaan Anda sebelumnya. Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah dengan mencari tahu secara detail mengenai bisnis yang dilakukan oleh perusahaan. Anda tidak perlu menghafalkannya karena Anda hanya perlu memastikan jika Anda bisa mendapatkan fakta penting mengenai perusahaan.

Terlambat Datang

Penyebab Telat Masuk Kerja
Sumber : cbslocal

Pewawancara tidak ingin mendengar alasan apapun kenapa Anda terlambat mengikuti interview kerja, tidak peduli betapa alasan yang Anda berikan masuk akal. Jika Anda tidak bisa muncul di ruang interview tepat waktu, sebagian besar pewawancara akan melihat bahwa keterlambatan Anda adalah sebuah indikasi bahwa Anda pun bisa bertindak demikian jika mendapat tawaran pekerjaan.

Untuk menghindari keterlambatan saat menghadiri interview kerja, akan jauh lebih baik jika Anda membuat rencana rute yang akan dituju. Jika Anda naik angkutan umum atau kendaran pribadi, Anda bisa memperkirakan jam berapa Anda harus keluar rumah, dan jam berapa kira-kira Anda sampai di kantor. Untuk meyakinkan diri Anda, Anda bisa mencobanya sekali agar perhitungan Anda tidak meleset. Jika Anda datang lebih awal itu tidak masalah karena Anda bisa mampir ke kedai kopi sejenak. Yang penting tidak terlambat.

Mengenakan Pakaian Lusuh

Pakaian Wawancara Kerja

Mengenakan pakaian berlebihan saat interview kerja tidak dianjurkan, begitu pula dengan pakaian lusuh. Anda, baik pria dan wanita, seharusnya juga tidak mengenakan pakaian kasual, terlepas dari tipe pekerjaan yang Anda lamar. Untuk amannya, para pria disarankan memakai setelan berwarna gelap. Sedangkan wanita seharusnya mengenakan setelan rok atau setelan celana. Untuk itu, kenakanlah pakaian dengan bijaksana, kecuali jika sebelum pergi interview kerja Anda telah diberitahu untuk mengenakan dress code tertentu.

Tidak Mengirimkan Follow Up

follow up

Bahkan jika Anda telah selesai melakukan interview kerja, Anda masih memiliki tugas lain yaitu mengirimkan ucapan terimakasih atas undangan wawancara yang diberikan. Mengabaikan poin ini dapat menjadi sinyal perilaku buruk. Bahkan jika Anda melakukan interview di perusahaan besar, Anda dianggap sebagai pribadi yang sombong karena Anda tidak peduli apakah Anda mendapat pekerjaan tersebut atau tidak.

Untuk itu, segera kirimkan email setelah selesai interview. Konten dari email tersebut dapat mengenai hasil diskusi yang Anda lakukan dengan pewawancara. Dengan begitu, pewawancara akan melihatnya sebagai rasa antusiasme Anda untuk bergabung dengan perusahaan. Dan yang paling penting adalah pastikan jika email yang Anda kirim ditujukan kepada orang yang tepat.

Jika Anda ingin sukses interview kerja, Anda harus meninggalkan kualitas buruk di atas. Semoga berhasil.