4 Kuliner Lezat di Dieng yang Siap Menemani dengan Dinginnya Udara Sekitar

kuliner lezat di dieng
Sumber : dapurlagi.blogspot

Dieng, kota kecil yang dijuluki Negeri di Atas Awan ini memang berhasil memikat wisatawan akan pemadangan alamnya yang begitu menakjubkan. Setelah lelah menikmati indahnya alam sekitar, tentu yang peratama dicari adalah ‘umpan’ untuk mengisi perut. Tak perlu khawatir, deretan kuliner lezat di Dieng siap memanjakan lidah dan perut Anda. Suhu udara Dieng yang begitu dingin membuat warung makan di sekitarnya menjajakan kuliner hangat.

4 Kuliner Lezat di Dieng yang Wajib Dicicipi Bila Berkunjung

Mie Ongklok

Sumber: putrinyanormal

Meski sajian mie yang satu ini khas Wonosobo, tapi banyak juga penjual mie ongklok di Dieng. Tak seperti mie kuah atau mie rebus pada umumnya, kuah mie ongklok terbuat dari campuran air, tepung maizena, gula aren, dan ebi, sehingga tekstur kuahnya begitu kental. Satu porsi mie ongklok berisi mie kuning yang dicampur dengan kol (kubis) lalu direbus dan tentu saja siraman kuah kental. Agar lebih mantap, warga setempat biasanya menyantap mie ongklok dengan sate ayam atau sate sapi.

Baca Juga: Patut Kamu Coba, Yuk Cicipi 4 Kuliner Jogja yang Melegenda dan Murah Ini!

Kopi Purwaceng

Sumber: kompasiana

Bila kopi pada umumnya terbuat dari olahan biji kopi, maka kopi purwaceng ini terbuat dari tanaman purwaceng yang memang banyak tubuh di dataran tinggi Dieng. Kopi purwaceng juga memiliki ragam khasiat yang dipercaya mampu menangkal berbagai macam penyakit dan meningkatkan vitalitas pada pria. Tapi tenang, kaum hawa juga bisa mengonsumsinya, kok.

Tempe Kemul

Sumber: tribunnews

Tahu tempe mendoan? Nah, tempe kemul ini tampilannya tak jauh berbeda dari tempe mendoan. Tetapi, tempe kemul terbuat dari adonan tepung dan kucai sehingga rasanya cukup berbeda dari sajian tempe pada umumnya. Suhu udara Dieng yang begitu dingin membuat masyarakat sekitar sering menggunakan kemul, yang artinya selimut. Maka tersajilah tempe kemul sebagai kuliner khas Dieng.

Buah Carica

Sumber: satyawinnie

Selain ragam kuliner hangat di atas, Dieng juga terkenal akan buah carica, buah manis yang siap menyegarkan hari-hari Anda selama berada di Dieng. Buah carica menyerupai buah pepaya dengan ukuran yang sangat mungil. Tekstur daging buah carica begitu lembut serta renyah, sangat cocok disajikan sebagai manisan hingga campuran minuman segar. Bahkan, ada keripik carica dengan rasa manis dan gurih yang dijual di Dieng sebagai buah tangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here