5 Makanan Malaysia yang Ternyata Mirip dengan Makanan Khas Indonesia, Enak Mana?

makanan khas Indonesia
sumber: Malaysia Travel - DetikFood

Indonesia dan Malaysia memang dikenal hampir mirip. Dalam bahasa dan budaya, ada beberapa hal yang ada di Indonesia juga identik di Malaysia. Tak terkecuali masalah kulinernya. Letak Malaysia yang tidak begitu jauh dari Indonesia bisa menyebabkan selera kuliner orang di sana juga mirip. Tidak percaya? Tengok saja beberapa makanan khas Indonesia yang punya kembaran di Malaysia. Meski terkesan mirip, makanan Malaysia ini jelas berbeda dari makanan khas Indonesia kok. Kira-kira apa saja ya? Simak ulasannya berikut ini! Siapa tahu kamu jadi penasaran mencoba makanan Malaysia juga.

Makanan Khas Indonesia Rendang Ternyata Punya Kembaran di Malaysia

sumber: Malaysia Travel – DetikFood

Di Malaysia, makanan asal Padang ini juga dikenal dengan nama rendang. Perbedaannya terletak pada proses pembuatan rendangnya. Jika di Indonesia rendang biasa dibuat dengan memasak daging lebih lama hingga kuah rendang berubah pekat, maka hal tersebut tidak dilakukan di Malaysia. Orang Malaysia biasa menggunakan kerisik (sejenis kelapa parut sangrai) untuk mengentalkan sausnya. Menurutmu lebih enak yang mana?

Baca Juga: 6 Makanan Sunda yang Populer di Indonesia, Urang Sunda Mana Suaranya?

Sekilas Nasi Lemak Ini Hampir Sama dengan Nasi Uduk

sumber: The Hungry Food Tech – reseponline.info

Ada juga kuliner Malaysia yang mirip dengan makanan khas Indonesia, yaitu nasi uduk. Nasi lemak ala Malaysia sama-sama diolah menggunakan santan dengan bermacam lauk yang menggugah selera. Lauknya pun sebelas dua belas dengan yang ada di nasi uduk, yaitu sambal, telur, hingga ayam. Kalau begini sih sepertinya hanya beda nama saja ya!

Lapis Legit di Malaysia Bernama Kek Lapis Sarawak

sumber: kahwinmall.com – inilahtasik.com

Kek lapis serawak yang berwarna-warni ini mirip banget dengan lapis legit yang menjadi makanan khas Indonesia ya! Selain identik dengan warna-warni, kek lapis sarawak juga punya keistimewaan lain, yaitu memiliki beragam pola. Bukan hanya sekadar garis-garis saja. Ada juga yang lingkaran, kotak, hingga bentuk hati. Unik juga nih!

Pasembur Ini Mirip Makanan Khas Indonesia Asal Jakarta, yaitu Gado-Gado

sumber: sbs.com.au – Bangka Pos

Kalau Indonesia memiliki gado-gado, maka Malaysia punya makanan bernama pasembur. Pasembur merupakan makanan berisi potongan tahu, kentang, timun, tauge rebus, udang goreng, dan cumi-cumi. Kemudian, saus kacang disiram di atasnya. Sekilas mirip gado-gado banget ya! Kalau kamu lebih suka makan pasembur atau gado-gado nih? Dua-duanya sama-sama mengenyangkan deh!

Nasi Kerabu yang Sekilas Mirip Nasi Pecel

sumber: vkeong.com – shutterstock

Nasi kerabu di Malaysia ini cukup unik. Lihat deh nasinya yang berwarna biru. Warna biru pada nasi kerabu ini didapat dari kelopak bunga kembang telang. Isian dari nasi kerabu ini adalah sayur, tauge, ayam goreng, telur rebus, beserta sambal. Ya, hampir mirip lah dengan makanan khas Indonesia, yaitu nasi pecel. Bedanya kalau nasi pecel di Indonesia pakai nasi putih. Sekilas mirip, tapi apakah rasanya juga sama?

Ternyata baik Indonesia maupun Malaysia memiliki keunikan makanan tersendiri ya. Meski mirip, jangan anggap saling contek ya! Anggap saja kemiripan ini karena latar belakang budaya yang mirip juga. Semoga kuliner dua negara ini makin populer di dunia ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here