Google Gunakan Kunci Akun untuk Mengamankan Data Pengguna Gmail

kunci akun gmail
Source: 9to5google

Google memperkenalkan kunci akun elektronik untuk mengunci akun Gmail. Kunci akun bernama Titan Security Key tersebut juga memiliki fungsi lain selain mengunci akun gmail.

Keamanan data merupakan prioritas penting bagi mereka yang menyimpan datanya dalam sebuah perangkat. Pasalnya, ada saja cara yang digunakan oleh para hacker maupun tangan jahil lainnya untuk bisa membobol data. Hal tersebut menjadi perhatian Google demi melindungi para pemakai akun Gmail-nya.

Untuk itu, Google belum lama ini memperkenalkan Titan Security sebagai kunci akun gmail. Keberadaan Titan Security tidak menggantikan fungsi password yang sudah digunakan sebelumnya. Sebaliknya, Titan Security memberikan perlindungan tambahan bagi pemilik akun Gmail selain password.

Kunci Akun Gmail versi USB dan Bluetooth

Titan Secutiry Key dibekali oleh firmware khusus buatan Google yang bisa memberikan verifikasi otentitas. Firmware milik Google ini kompatible dengan banyak browser dan aplikasi. Oleh karenanya Titan Security juga bisa digunakan di beberapa layanan lain di samping Google.

Kunci Akun Gmail versi USB dan Bluetooth
Foto: Techrepublic

Titan Security berbentuk layaknya kunci. Namun untuk menggaktifkannya, kunci tersebut harus dimasukkan di slot USB yang ada di perangkat. Pemilik akun Gmail bisa mengakses akunnya hanya jika password yang diketikkan sudah benar dan Titan Securitry sudah dicolokkan ke port USB.

Selain versi USB, Google juga akan meluncurkan Titan Security dalam versi bluetooth. Dengan demikian, pemilik akun Gmail harus terlebih dahulu mengaktifkan fitur bluetooth-nya jika ingin mengakses akunnya.

Titan Security versi USB dirilis untuk pengguna PC, sedangkan versi bluetooth dirilis untuk pengguna perangkat mobile.

Baca Juga: 5 Tips Mengamankan Akun Gmail Anda

Selain berfungsi sebagai kunci akun Gmail, Titan Security juga memiliki fungsi lainnya. Fungsi tersebut adalah melindungi perangkat atau data dari phising yang bisa mengancam saat pemilik perangkat mendatangi website tertentu.

Google sudah mengujicoba kemampuan Titan Security semenjak awal 2017. Kunci ini digunakan oleh karyawan Google untuk mengamankan data mereka. Hasilnya, semenjak diujicoba tidak ditemukan adanya serangan ke data karyawan.

Titan Security akan mulai diluncurkan pada Agustus 2018 setelah diperkenalkan pertama kali di ajang Google Cloud Next beberapa waktu lalu. Untuk sementara Google masih membidik perusahaan-perusahaan yang sudah menjadi pelanggan Google Cloud. Untuk Titan Security versi USB, Google membandrolnya seharga $20. Sedangkan versi bluetooth-nya dibanderol seharga $25. Penjualan Titan Security dilayani lewat Google Web Store.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here