Jangan Putus Asa, Ini Kunci Sukses Berkarier di Perusahaan Kecil

Tidak semua orang beruntung dan bisa bekerja di perusahaan besar atau perusahaan ternama. Sebagian yang lain harus merintis karier di perusahaan yang kecil. Kalau kamu salah satunya, kamu tidak perlu berkecil hati. Kamu bisa tetap sukses kok, meski berkarier di perusahaan yang kecil.

Berkarier di perusahaan kecil sebenarnya mendatangkan beberapa keuntungan. Hanya saja banyak orang tidak menyadarinya. Salah satunya, yaitu kamu punya kedekatan dengan manajemen level atas, atau bahkan dengan pemilik perusahaan.

Hal ini membuat prestasi atau pencapaian kamu lebih mudah terlihat. Keuntungan lainnya, kamu punya lebih banyak kesempatan untuk mengembangkan diri. Meski demikian, untuk bisa sukses di perusahaan kecil ada beberapa hal yang juga harus kamu lakukan. Berikut ini di antaranya:

Membuat Progres Kerja

Seperti yang sudah disebutkan di atas, berkarier di perusahaan kecil membuat prestasi kamu mudah terlihat oleh manajemen level atas. Meski demikian, kamu sebaiknya tetap membuat progres kerja dan melaporkannya pada rekan kerja atau atasan.

Sehingga rekan kerja atau atasanmu bisa selalu mengevaluasi perkembangan perusahaan. Dengan adanya progres kerja, atasan atau rekan kerjamu juga bisa mengambil kesempatan untuk melakukan peningkatan atau pembenahan. Dengan demikian, tujuan yang ditetapkan bersama akan lebih mudah tercapai.

Kalau Berkarier di Perusahaan Kecil, Kamu Harus Mengambil Inisiatif

Salah satu ciri perusahaan kecil, yaitu kebijakan-kebijakan penting seringkali diputuskan oleh manajemen level atas atau pemilik perusahaan. Namun, hal ini sebaiknya tidak membuat kamu berdiam diri. Kamu tetap harus memiliki inisiatif dalam bekerja.

Tetap lakukan evaluasi dan pembenahan di area-area yang masih memiliki kekurangan. Jika ada masalah, cobalah untuk membicarakannya dengan rekan kerja atau atasan agar bisa mendapatkan solusinya.

Selain itu, cobalah untuk menyempurnakan cara kerja atau alur kerja agar pekerjaan bisa diselesaikan dengan lebih efektif dan efisien.

Baca Juga: 3 Cara Berinisiatif dalam Tim tanpa Dimanfaatkan Rekan Kerja

Meningkatkan Skill dan Mentoring

Ciri lain dari perusahaan kecil, yaitu jarang menuntut karyawannya untuk meningkatkan skill dan kemampuannya. Meski demikian, kamu tetap harus berusaha meningkatkan skill dan kemampuan. Caranya bisa dengan mengikuti pelatihan, meskipun itu diadakan oleh pihak lain di luar perusahaan.

Selain itu, kamu juga bisa mencari mentor. Baik dari dalam perusahaan, maupun dari luar perusahaan. Dengan adanya pengembangan skill dan kemampuan, kamu bisa lebih banyak membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya. Dengan begitu, kesempatan kamu untuk berkarier juga lebih terbuka.

Hindari Berfokus pada Promosi kalau Kamu Berkarier di Perusahaan Kecil

Minimnya kesempatan promosi seringkali membuat karyawan yang berkarir di perusahaan berskala kecil tidak mendapatkan kepuasan dalam bekerja. Namun, ada baiknya kamu tidak terlalu berfokus pada promosi jabatan.

Ingatlah, kemajuan dalam berkarier tidak hanya ditentukan oleh posisi apa yang kamu tempati. Lebih dari itu, mungkin saja kamu diberi kepercayaan untuk mengemban tanggung jawab yang lebih besar, atau melakukan perencanaan strategis yang berkaitan dengan tujuan perusahaan.

Selain itu, meski kesempatan promosi terbatas, kamu bisa mendapatkan peningkatan jumlah gaji dan benefit yang besar.

Dengan melakukan beberapa hal di atas, kamu bukan saja bisa sukses di perusahaan kecil. Lebih dari itu, kamu juga akan mendapatkan pengalaman seiring dengan perkembangan perusahaan. Pengalaman ini tentunya bermanfaat kalau seandainya kamu memutuskan untuk pindah ke perusahaan lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here