5-Hour Rule, Kunci Sukses Elon Musk hingga Bill Gates. Mau Tiru?

Elon Musk (CEO Tesla, FOTO: Shutterstock).

Mau sesukses Bill Gates atau Elon Musk? Meraih kesuksesan seperti para pesohor dunia bukan perkara mustahil kok. Ada tiga kunci kesuksesan para miliarder dunia yang setidaknya bisa kamu aplikasikan. Menurut Michael Simmons yang dikutip dari Entrepreuner, tiga kunci sukses tersebut menerapkan konsep 5-hour rule atau aturan 5 jam. 

Konsep 5-hour rule ini sederhana saja dan bisa diterapkan oleh semua orang. Konsep ini mengajak setiap orang untuk meluangkan waktu 5 jam dalam sepekan atau satu jam sehari untuk melatih skill dan menyerap ilmu. Prosesnya pun sederhana, yaitu, pertama dengan rutin membaca buku.

5-Hour Rule: Membaca Buku

Ya, para pesohor dunia acap meluangkan waktu untuk membaca buku di tengah kesibukannya. Bagaimana dengan kamu? Kesibukan kerja selama 8-9 jam setiap hari memang menguras energi dan emosi. Tak ayal, godaan untuk bersantai dengan menonton film atau drama sulit dihempaskan. Tanpa disadari kamu larut dalam godaan dan telah menyaksikan 3 episode drama secara maraton.

Memanjakan diri dengan aktivitas santai memang bukan sebuah kesalahan. Tetapi, jangan jadikan kebiasaan yang justru akan menghambat kesuksesan karier. Tirulah kebiasaan sehat para miliarder dunia. Elon Musk, bos Telsa yang ditahbiskan sebagai orang terkaya kedua menurut Bloomberg, memiliki kebiasaan membaca setidaknya dua buku dalam sehari sejak ia kecil.

Baca Juga: Founder Terampil.com Beberkan Kesalahan Saat Bangun Bisnis Startup

Sosok di balik kesuksesan Facebook, Mark Zuckerberg, menyempatkan dirinya untuk membaca setidaknya satu buku setiap dua pekan. Kebiasaan membaca buku Bill Gates juga sudah menjadi rahasia umum. Dalam setahun ia membaca 50 buku. Ia kerap merekomendasikan buku-buku menarik melalui blog pribadinya, GatesNotes. 

Teranyar, di penghujung tahun 2020, ia merekomendasikan lima judul buku, yaitu,

  • “The New Jim Crow: Mass Incarceration in the Age of Colorblindness” karangan Michelle Alexander.
  • “Range: Why Generalists Triumph in a Specialized Word” oleh David Epstein.
  • “The Splendid and the Vile: A Saga of Churchill, Family, and Defiance During the Blitz” karangan Erik Larson.
  • “The Spy and the Tailor: The Greatest Espionage Story of the Cold War” milik Ben Macintyre.
  • “Breath from Salt: A Deadly Genetic Disease, a New Era in Science, and the Patients and Families Who Change Medicine” oleh Bijal P. Trivedi.

Bila kamu belum mampu atau terbiasa membaca buku selama sejam atau bahkan lebih dalam sehari, tidak perlu patah arang. Cobalah memulai kebiasaan 5-hour rule ini dengan membaca selama 20 menit. Kamu bisa memaksimalkan waktu luang ketika kamu sedang menunggu rapat, pesanan makanan, atau di tengah perjalanan menuju dan pulang kerja.

5-Hour Rule: Refleksi Diri

Poin  kedua dalam konsep 5-hour rule adalah merefleksikan diri. Luangkan waktu selama 15-20 menit setiap hari untuk berpikir dan merefleksikan kegiatan yang kamu lakukan hari ini. Pikirkan dan teliti ulang apakah kamu melakukan kesalahan? Langkah apa yang harus kamu lakukan untuk memerbaiki kesalahan tersebut? Kesuksesan apa yang telah kamu capai?

Merefleksikan diri menjadi momen untuk kamu untuk belajar dari kesalahan dan meracik kembali target hidup. Untuk memulai kebiasaan ini, kamu bisa menatap dinding kosong dan mulai berpikir. 

5-Hour Rule: Bereksperimen

Poin terakhir dalam konsel 5-hour rule adalah bereksperimen atau membuat percobaan. Dengan bereksperimen, kamu tidak hanya berasumsi tetapi kamu akan menemukan fakta dari hasil percobaan tersebut. Ingat, bereksperimen bukan berarti kamu membuang-buang waktu lho. Meski eksperimen yang kamu lakukan gagal, namun kamu bisa belajar dari kesalahan. 

Para pesohor dunia mendorong para karyawannya untuk bereksperimen dan mencoba hal-hal baru. Jadi, mengapa kamu harus takut gagal?

Sudah siap untuk mengikuti jejak sukses Bill Gates atau Elon Musk? Luangkan sedikit waktu berharga kamu untuk menerapkan 5-hour rule ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here