4 Langkah Mempertahankan Karyawan Pabrik agar Betah Bekerja dengan Anda

mempertahankan karyawan pabrik
Sumber : getfreepoint

Membuat karyawan betah bukan sebuah hal yang mudah. Akan tetapi, ini adalah hal yang sangat penting seiring dengan semakin sadarnya pihak perusahaan bahwa kesuksesan tidak bisa diraih tanpa adanya karyawan yang loyal. Dan meskipun hari ini ada banyak trik untuk membuat karyawan loyal seperti inovasi-inovasi komisi penjualan, bonus rekrutmen, dan hal-hal inovatif lainnya seperti jam kerja yang fleksibel dan meja ping-pong, insentif seperti ini tidak akan mempan untuk mempertahankan karyawan pabrik.

Jika ini adalah sektor Anda, maka Anda harus memikirkan ide yang lebih efektif untuk mempertahankan karyawan pabrik tempat Anda bekerja. Apa yang bisa membuat karyawan di sektor ini bahagia dan loyal? Ini hal-hal yang bisa Anda coba.

Ini Cara-Cara Efektif untuk Mempertahankan Karyawan Pabrik

Gaji yang Adil

sumber pendapatan pasif
Sumber: Tribunnews

Mungkin ini terdengar seperti sebuah hal yang sangat sederhana, tetapi sebenarnya sangat penting untuk mempertahankan karyawan pabrik, serta secara umum, seluruh karyawan di bidang mana pun. Jika selama ini sistem penggajian perusahaan Anda masih belum adil dan cukup bagi karyawan yang bekerja di dalamnya, maka kini waktunya untuk melakukan pengkajian dan penerapan sistem penggajian baru yang lebih menghargai karyawan Anda. Banyak orang yang menganggap bahwa karyawan pabrik adalah pegawai yang tidak berketerampilan sehingga hanya perlu mendapatkan gaji yang minimum. Padahal, kenyataannya ini tidak benar, kerja manual bukan berarti tanpa keterampilan dan manufaktur adalah area yang menghasilkan produk yang riil dan terukur nilainya. Selain itu, dalam iklim usaha yang kompetitif seperti ini, perusahaan harus menjaga loyalitas dan produktivitas karyawannya dengan memberikan mereka penghidupan yang layak.

Baca Juga: Cara Efektif Mengukur Loyalitas Karyawan di Perusahaan

Bangun Hubungan Baik

Sumber: bdc

Mempertahankan karyawan pabrik bukanlah sekedar tentang gaji dan uang. Hari ini, karyawan di bidang mana pun merasa ingin terkoneksi dengan pekerjaan mereka, rekan kerja mereka, dan komunitas mereka. Usaha Anda sendiri adalah sebuah komunitas. Para karyawan menghabiskan setidaknya delapan jam dengan rekan kerja mereka dan mereka ingin merasakan rasa persekawanan di tempat kerja. Anda, sebagai pemimpin atau bidang HR, bisa membangun rasa ini.

Cobalah melakukan bonding dengan karyawan-karyawan tersebut dengan cara-cara yang kecil. Beberapa pemimpin yang hebat sering bergaul dan bersosialisasi dengan karyawannya di berbagai bidang, termasuk manufaktur. Mereka akan berusaha membuat koneksi sesungguhnya, termasuk dengan menanyakan kehidupan karyawan-karyawannya, mencari tahu apakah mereka benar-benar merasa nyaman, dan dengan tulus memastikan bahwa mereka tidak memiliki masalah apa pun dalam bekerja bersama sebagai sebuah komunitas.

Ciptakan Iklim Penuh Hormat dan Apresiasi

membagi kerja

Setiap karyawan butuh merasa agar kontribusi yang mereka buat dan pekerjaan mereka lakukan penting. Jika Anda ingin mempertahankan karyawan pabrik, sama seperti karyawan dalam bidang apa pun, Anda perlu membuat mereka merasa bahwa mereka dihormati dan diapresiasi. Berikanlah pengakuan dan reward kepada tim Anda jika mereka sukses menjalankan pekerjaan mereka dengan hasil yang baik. Ini akan meningkatkan motivasi dan membangun perasaan terlibat, keduanya merupakan kunci dari motivasi.

Bagilah Keuntungan Perusahaan

transparansi gaji
Sumber: glassdoor

Jika Anda adalah pemilik atau berada pada jajaran direksi dari fasilitas manufaktur, maka Anda mungkin merasa pantas untuk mendapatkan penghargaan untuk risiko, usaha, dan keberanian yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis Anda. Namun, mereka yang selama ini membantu Anda meraih kesuksesan juga harus mendapatkan imbalan dan keuntungan dari apa yang sudah mereka kontribusikan kepada perusahaan.

Strukturlah keuangan perusahaan agar bisa menguntungkan semua individu di kantor Anda. Ini adalah cara yang sangat efektif dalam mempertahankan karyawan pabrik, karena dengan ini Anda juga membuat mereka merasa dihargai dan diapresiasi, serta mendapatkan keadilan.

Beri komentar Anda tentang artikel ini