Merindukan Perusahaan Lama? Ikuti Langkah-Langkah Ini untuk Bisa Kembali

merindukan perusahaan lama
Sumber: elearningindustry

Karyawan boomerang, yaitu karyawan yang keluar dari sebuah perusahaan yang sama dan kemudian masuk lagi, menjadi semakin marak saat ini. Bahkan bagi pihak HRD, karyawan yang seperti ini sekarang sudah mulai kembali diterima. Karena itu, jika beberapa tahun Anda membuat sebuah kesalahan meninggalkan pekerjaan Anda di sebuah perusahaan, entah karena ingin mencari perusahaan yang lebih baik atau memulai bisnis Anda sendiri, jangan putus asa jika kini Anda merindukan perusahaan lama. Ini langkah yang bisa Anda ambil untuk bisa menjdi karyawan di perusahaan lama Anda.

Ini Langkah-Langkah yang Bisa Anda Lakukan Jika Merindukan Perusahaan Lama

Bangun Hubungan yang Kuat

menjalin pertemanan
sumber: tribunnews

Langkah ini dimulai dari awal ketika Anda keluar dari pekerjaan, bahkan idealnya jauh sebelumnya. Bahkan jika Anda berencana keluar dan tidak tahu apakah Anda akan merindukan perusahaan lama Anda pada akhirnya nanti, Anda harus selalu membina hubungan yang baik dengan semua pihak di perusahaan Anda. Begitu pun dengan ketika Anda keluar. Keluar kerja begitu saja dengan tidak mengindahkan siapa-siapa lagi setelah Anda tidak berada di sana adalah sebuah hal yang buruk. Seemosi apa pun Anda dengan orang-orang di sana, selalu keluar kerja dengan sopan. Beri surat resign sesuai aturan dan bicarakan dengan manajer Anda mengapa Anda keluar dan betapa Anda mengapresiasi kesempatan bekerja di sana. Tawarkan juga untuk membantu dalam training pengganti Anda.

Baca Juga: Setelah Lama Tidak Bekerja, Inilah Caranya Memulai Karir Kembali

Terus Berhubungan

Membangun Relasi
Sumber : mentornetwork

Setelah Anda keluar, ini tidak memberikan Anda alasan untuk melupakan semua orang di perusahaan lama Anda. Menjaga hubungan profesional sangat krusial jika Anda ingin agar pintu selalu terbuka untuk berjaga-jaga jika Anda merindukan perusahaan lama di masa depan. Untungnya, internet memberikan Anda kesempatan untuk selalu terhubung dan tahu kabar manajer Anda serta perusahan lama Anda. Cari mereka di LinkedIn, Twitter, dan Facebook, serta berlanggananlah blog atau outlet profesional mereka yang lain.

Jangan lupa juga untuk meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan mereka. Misalnya, mengomentari unggahan. Tunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik dengan kehidupan profesional mereka. Anda harus menunjukkan bahwa Anda tidak lupa terhadap peran perusahaan tersebut dalam hidup Anda dan begitu pula sebaliknya.

Tunjukkan Diri Anda yang Baru

wawancara kerja dengan teman
Sumber : comphealth

Tak peduli seberapa lama Anda sudah meninggalkan pekerjaan Anda, ada satu hal yang pasti yakni Anda berubah. Karena itu, tunjukkanlah seberapa banyak nilai yang Anda bawa, dan bagikan keahlian serta keterampilan baru Anda. Apakah Anda mendapatkan keahlian lebih yang bisa menguntungkan perusahaan lama Anda? Buatlah hal ini dikenali. Misalnya, ketika Anda meninggalkan sebuah perusahaan, mintalah surat rekomendasi yang menunjukkan keahlian yang telah Anda pelajari di sana dan proyek-proyek yang telah Anda sukseskan. Tulislah resume update untuk merefleksikan pengalaman yang Anda dapatkan.

Ketika Anda merindukan perusahaan lama dan mengontak mereka kembali, baik melalui lowongan kerja atau jaringan, mintalah kesempatan untuk bertemu manajer atau HRD. Lalu, tunjukkan keahlian baru ini untuk bisa mendapatkan kesempatan wawancara.

Tunjukkan yang Terbaik saat Wawancara

Pada akhirnya, yang akan menentukan nasib Anda adalah proses rekrutmen yang Anda jalani dengan perusahaan lama Anda. Karena itu, Anda harus menjalani ini sebaik-baiknya. Ingatlah bahwa Anda punya keuntungan telah mengerti budaya perusahaan dan butuh waktu lebih sedikit beradaptasi. Tetapi yakinkan juga bahwa Anda bukan sekadar merindukan perusahaan lama untuk main-main, tetapi Anda serius dengan komitmen ini. Wawancara Anda akan lebih santai dan tidak resmi, jadi Anda berkesempatan besar untuk membuat ini berkesan.

Semoga sukses!