Bebas Pinjol, 5 Langkah Mudah Melunasi Pinjaman Online

Kondisi keuangan yang buruk atau bunga yang terlalu tinggi seringkali membuat pinjaman online (pinjol) tidak terbayar. Kalau kamu mengalami masalah ini, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk melunasi pinjaman online.

Pemberi pinjaman online biasanya menetapkan persyaratan yang ringan bagi para debiturnya. Kemudahan ini membuat banyak orang yang tergiur untuk meminjam uang. Baik untuk keperluan pribadi maupun usaha.

Namun, tidak semua debitur mampu melunasi pinjamannya. Kalau kamu memiliki utang dari pinjaman online, beberapa langkah di bawah ini bisa membantumu.

Urutkan Nilai Pinjaman dari yang Terbesar

Kalau kamu memiliki lebih dari satu pinjaman, kamu bisa mengurutkannya berdasarkan jumlah pinjaman atau besar bunganya. Lalu, mulailah untuk untuk melunasi pinjaman dimulai dari jumlah pinjaman terbesar atau berdasarkan bunga terbesar.

Beritikad Baik untuk Melunasi Pinjaman Online

Kamu harus menunjukkan itikad baik untuk membayar utang pinjaman. Selanjutnya, kamu bisa meminta keringanan dengan cara memperpanjang jatuh tempo. Atau meminta pemberi pinjaman untuk menghentikan sementara perhitungan bunganya.

Baca Juga: Debt Stacking dan Snowball, Cara Mudah Melunasi Utang

Pemberi pinjaman mungkin juga punya solusi lain karena kamu sudah memiliki itikad baik untuk melunasi utang.

Ceritakan kepada Keluarga Mengenai Kesulitanmu Membayar Pinjaman

Solusi juga bisa datang dari keluarga. Oleh karena itu, cobalah untuk terbuka dan menceritakan perihal kesulitan membayar pinjaman pada keluarga.

Berhemat dan Menambah Pemasukan untuk Melunasi Pinjaman

Setelah ada solusi dari pemberi utang atau keluarga, kamu bisa mulai berhemat untuk membayar pinjaman. Kamu juga bisa mencari sumber pemasukan tambahan. Selain itu, kamu mungkin harus menjual aset yang kamu miliki untuk mendapatkan dana tambahan.

Jangan Meminjam Sebelum Pinjaman Terbayar

Menambah pinjaman hanya akan menambah bebanmu. Cobalah untuk berfokus terlebih dahulu pada pinjaman yang belum terbayar.

Dengan melakukan beberapa langkah diatas, kamu bisa lebih mudah melunasi pinjaman online. Kamu sebaiknya mempertimbangkan pula untuk tidak terlalu bergantung pada pinjaman. Kalaupun harus meminjam uang, pastikan sebelumnya kamu bisa membayar pinjaman dan bunganya tepat waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here