Loket.com Sediakan Layanan untuk Pengguna Bikin Event Gratis

Loket.com, Penyedia Layanan Ticket Management
Loket.com menawarkan layanan ticket management dan fitur create event (Sumber gambar: redbull.com)

Perkembangan teknologi serta perubahan gaya hidup masyarakat turut memengaruhi perkembangan industri hiburan. Teknologi digitalisasi mempermudah akses masyarakat untuk mengikuti event-event yang tengah berlangsung. Sementara itu, platform sosial media menyediakan informasi mengenai beragam tren yang sedang digandrungi.

Fenomena ini juga mendorong para pelaku industri kreatif untuk terus berinovasi. Tak terkecuali PT. Global Loket Sejahtera selalu penyedia layanan ticket management dan ticket distributor bagi para penyelenggara event. Startup yang lebih dikenal dengan nama Loket.com ini juga menyediakan layanan penyelenggaraan event. Baik acara hiburan, maupun olaharaga.

Layanan End-to-End dari Loket.com

Layanan dan Fitur Loket.com
Sumber: redbull

Loket.com menyediakan layanannya secara end-to-end. Artinya startup ini menangani mulai dari produksi tiket, penjualan tiket, pengontrolan akses penonton, hingga penyediaan layanan cashless payment untuk mengurangi pemalsuan, kecurangan atau percaloan tiket.

Startup ini juga memberikan layanan data insight sebagai bahan profiling bagi pihak penyelenggara event sehingga bisa mengetahui minat pengunjung, usia pengunjung, peak hour, tema, hingga line-up pengisi acara yang sesuai dengan selera penonton. Namun, Loket.com tidak mengharuskan kliennya untuk mengunakan layanan end-to-end.

Sementara dari sisi model bisnis, perusahaan ini memilih commission-based sebagai sumber pemasukan. Acara live music dan olahraga menjadi penyumbang pemasukan terbesar bagi Loket.com, masing-masing sebesar 60% dan 20% (per 2016). Sisanya, berasal dari event conference, pameran dan acara jenis lainnya.

Pada 2017 lalu Loket.com diakuisisi oleh Gojek. Sejak diakusisi, ada penambahan fitur bagi pengguna yaitu fitur penyelenggaraan event. Fitur anyar ini bisa ditemui di platform dengan nama create event.

Baca Juga: Mengenal Mapan, Startup Arisan yang Diakuisisi Go-Jek

Melalui create event pengguna bisa menciptakan dan menyelenggarakan event, seperti seminar, workshop atau demo memasak. Fitur ini disediakan gratis, namun bila pengguna menarik bayaran dari peserta acara mereka maka Loket.com akan mengenakan komisi. Besaran komisi antara 3,5% hingga 5%, bergantung jenis acaranya.

Sementara untuk proses klarifikasi status penjualan tiket untuk acara berbayar dilakukan dengan mengharuskan penggunannya melakukan verifikasi data.

Berkat akusisi Gojek, Loket.com juga bisa mengakses pengguna Gojek sehingga mempercepat proses penjualan tiket. Selain itu, Loket.com juga berjualan tiket bioskop yang sebelumnya dijual oleh Go-Tix.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here