Benarkah Libur Panjang Lebaran Bikin Anda Makin Boros? Ini Faktanya!

11
libur panjang lebaran
Sumber : Fabfit Fun

Libur panjang Lebaran sudah tiba. Pasti Anda sudah menyiapkan banyak rencana untuk menyambut musim liburan kali ini. Maklum saja, libur Lebaran kali ini memang terhitung panjang karena pemerintah sudah menetapkan waktu cuti bersama yang lebih lama dari biasanya.

Namun, Tahukah Anda Kalau Ternyata Libur Panjang Lebaran Bikin Anda Makin Boros?

Tunjangan Harian Pasti Berkurang

Sumber : Tribun News

Ada beberapa pekerjaan yang membuat Anda mendapatkan tunjangan harian berupa uang makan atau biaya transportasi. Sayangnya, tunjangan harian tersebut pasti tidak ada ketika libur panjang Lebaran. Padahal, Anda justru harus memenuhi lebih banyak kebutuhan di hari Lebaran. Tunjangan harian yang nilainya hanya beberapa puluh ribu pun cukup berharga untuk memenuhi sebagian kebutuhan Anda dan keluarga.

Baca Juga: Cari Bingkisan Lebaran, Hindari Produk dengan 5 Pemanis Berbahaya Ini!

Pekerja Freelance Kehabisan Pekerjaan

Sumber : Human Garden

Jumlah pekerja freelance semakin meningkat di tanah air selama beberapa tahun terakhir. Sayangnya, libur panjang Lebaran membuat pekerja freelance kehabisan pekerjaan. Meskipun pekerja freelance tersebut belum tentu berniat mengambil libur panjang. Perusahaan yang libur dalam waktu lama membuat pekerja freelance mesti lebih sabar menunggu pekerjaan baru. Sementara itu, berbagai kebutuhan harus tetap dipenuhi selama libur panjang berlangsung.

Mungkin Anda akan Mudik Lebih Lama

Sumber : Wisata Lova

Mudik lebih lama ketika libur panjang lebaran juga akan menimbulkan pemborosan. Selama berada di kampung halaman, Anda tentu tertarik untuk mengeluarkan lebih banyak uang. Sebab, Anda akan tergugah untuk jajan, berbelanja, atau sekadar memberikan uang saku untuk keponakan. Semakin lama Anda berada di kampung halaman, maka semakin besar pula peluang untuk melakukan pemborosan.

Jalan-Jalan di Hari Libur

Sumber : Ukulele Music Info

Tidak merayakan Lebaran bukan berarti tidak boros. Anda yang ikut menikmati libur panjang Lebaran mungkin memilih menghabiskan waktu untuk mengunjungi objek wisata atau sekadar berwisata kuliner. Tentu saja hal ini juga akan membuat pengeluaran jadi lebih besar dari biasanya. Apalagi, jika Anda dan keluarga memutuskan untuk jalan-jalan ke luar negeri saat libur panjang tiba.

Apakah sekarang Anda mulai merasakan dampak libur panjang lebaran bagi kondisi finansial Anda?

Sebenarnya, Anda bisa mengantisipasinya jika tetap hemat selama menikmati liburan. Yuk, rencanakan aktivitas yang menyenangkan tanpa mengeluarkan banyak biaya. Jadikan libur panjang tahun ini sebagai momentum untuk memulai kebiasaan hidup hemat.

Beri komentar Anda tentang artikel ini