Selain Mencerahkan Kulit, Lidah Buaya Juga Menyamarkan Bekas Jerawat

Selama ini, lidah buaya sudah begitu populer digunakan untuk mencerahkan kulit, melembutkan rambut, hingga mengatasi lingkaran hitam di bawah mata. Namun, apakah Anda tahu bila manfaat lidah buaya bisa menyamarkan bekas jerawat? Bagaimana prosesnya? Yuk disimak penjelasan mendalam mengenai lidah buaya.

Manfaat Lidah Buaya untuk Jerawat

Telah dibuktikan bila lidah buaya dapat membantu mengatasi jerawat. Namun, aplikasinya harus dikombinasi dengan bahan lain. Lidah buaya diketahui mengandung hormon bersifat antibakteri yang disebut dengan giberelin dan polisakarida, yang bertanggungjawab membunuh bakteri, melindungi kulit dari peradangan dan bakteri penyebab jerawat sehingga bisa membantu percepatan penyembuhan jerawat.

Nutrisi yang Terkandung

Lidah buaya mengandung vitamin dan mineral langka yang bermanfaat untuk tubuh, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, A, asam folat, kalsium, magnesium, zinc, krom, selenium, potassium, sodium, iron, copper, dan mangan.

Semua nutrisi tersebut memiliki manfaat luarbiasa tidak hanya untuk kesehatan, namun untuk menyamarkan bekas jerawat berkat vitamin E yang mampu meresap ke dalam kulit hingga dapat mengatasi bekas jerawat secara menyeluruh.

Bagaimana Menggunakan Lidah Buaya untuk Menyamarkan Bekas Jerawat?

Lidah buaya memiliki khasiat penyembuhan dengan menarik racun dari keropeng sehingga membantu untuk membersihkan bagian tersebut secara perlahan hingga akhirnya akan menghilang, dan hasilnya tekstur kulit menjadi cerah. Kulit berjerawat juga cenderung sangat sensitif terhadap beberapa hal seperti debu, suhu dingin, minyak, sentuhan, dan beberapa alergi.

Oleh karena itu, agar bisa mendapatkan manfaat lidah buaya secara optimal, Anda harus berhati-hati ketika merawat kulit. Cuci wajah Anda dengan air bersih, biarpun tidak memakai makeup. Bila Anda memakai makeup, selalu bersihkan sebelum tidur agar sisa makeup tidak menyumbat pori yang berpotensi menjadi penyebab jerawat.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyamarkan bekas jerawat dengan lidah buaya.

  • Lidah buaya dan madu. Campurkan gel lidah buaya dan madu secukupnya, lalu diaplikasikan pada area bekas jerawat. Pastikan teksturnya kental dan biarkan sampai mengering selama 20-30 menit, baru kemudian dibilas dengan air dingin.
  • Lidah buaya dan sari lemon. Campurkan 5-7 tetes sari lemon dengan gel lidah buaya secukupnya, kemudian aplikasikan pada area bekas jerawat. Sari lemon dapat membunuh kuman dan mengangkat sel-sel kulit mati. Oleskan dengan sedikit pelembap tanpa minyak, dan lakukan 2x sehari untuk hasil terbaik.
  • Masker lidah buaya. Anda pun bisa mendapatkan manfaat lidah buaya dalam bentuk masker untuk menyamarkan bekas jerawat. Caranya, rebus daun lidah buaya segar tidak lebih dari 10 menit, kemudian hancurkan hingga terbentuk pasta. Selanjutnya, campurkan pasta tersebut dengan madu, lalu oleskan pada bekas jerawat secara teratur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here