Mari, Lindungi si Kecil dari Penyakit Musim Hujan dengan 5 Cara Ini!

penyakit musim hujan

Tak ada satu pun orang tua yang menginginkan buah hatinya terkena penyakit. Sangat sedih rasanya melihat mereka lesu dan tidak aktif bergerak. Oleh sebab itu, para orang tua harus bisa menjaga si kecil dari lingkungan sekitar. Apalagi saat musim hujan tiba, di mana penyakit musim hujan, seperti flu, leptospirosis, dan demam berdarah sangat mudah menyerang anak bila tidak dapat perlindungan yang ketat. Untuk itu, Anda sebagai orang tua harus bisa melindungi si kecil dari penyakit musim hujan, seperti dilansir dari GMA News Online.

5 Cara Menghindari si Kecil dari Penyakit Musim Hujan

Vaksin Flu

Cara terbaik supaya anak tidak terkena flu adalah dengan vaksin. Pastikan anak Anda sudah menerima vaksin influenza sedari dini hari. Di negara-negara tropis, penyakit flu bisa terjadi kapan saja dalam sepanjang tahun. Namun, flu bisa saja menyebar di saat musim hujan tiba.

Jaga Anak Tetap Kering

Sumber: usmagazine

Di saat cuaca hujan tiba, suhu udara akan berubah menjadi dingin. Hal ini akan membuat virus dan bakteri cepat berkembang dalam kondisi cuaca yang basah. Maka dari itu, Anda sebagai orangtua harus bisa menjaga anak-anak tetap kering. Beri mereka perlengkapan hujan, seperti jas hujan, payung, dan sepatu hujan saat berangkat sekolah. Jika tubuh anak basah kuyup, segera keringkan dengan handuk, lalu beri Ia obat demam supaya tidak terkena demam atau flu.

Baca Juga : 5 Tips Menitipkan Anak di Daycare bagi Orang Tua yang Bekerja

Jagalah Lingkungan Bersih

anak yang aktif
Sumber: acefitness

Pastikan Anda selalu menutupi bak mandi atau wadah air yang ada di rumah. Hal ini dilakukan untuk mencegah tidak terjadinya nyamuk yang bersarang dan bertelur. Nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus dengue atau demam berdarah (disingkat DBD). Nyamuk demam berdarah sangat aktif mencari makan sekitar dua jam setelah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam. Atau bisa juga menggigit pada malam hari di lokasi yang memiliki penerangan baik.

Ajari Anak Mencuci Tangan dengan Benar

Sehabis bermain, biasakan untuk mengajari si kecil untuk membersihkan tangannya. Dengan mencuci tangan sudah termasuk menghindari serangan flu. Luangkan waktu Anda untuk mengajari anak untuk mencuci tangan dengan benar, minimal dilakukan selama 20 detik. Agar suasana mencuci tangan tidak membosankan, Anda bisa mengajak anak untuk bernyanyi.

Sajikan Makanan Sehat

Perkembangan Otak Anak
Sumber : kimberlysnyder

Sistem kekebalan tubuh yang kuat mampu melawan penyakit. Anda bisa meningkatkan kekebalan tubuh anak dengan memberi mereka asupan gizi yang tepat. Sayuran dan buah kaya akan vitamin dan juga mineral baik untuk melindungi si kecil dari penyakit. Kuncinya adalah menyajikan makanan secara kreatif dan lebih berwarna, sehingga anak akan menikmati setiap gigitan makanan.

Beri Komentar Anda

komentar