Lowongan CPNS 2016 Untuk Jalur Umum Resmi Ditutup

CPNS 2016
Sumber: CPNS2016

Memasuki awal tahun 2016, penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil)  untuk jalur umum kabarnya telah resmi ditutup oleh pemerintah. Tertutupnya lowongan untuk jalur umum ini dapat dilihat dari keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi.

Dengan adanya keputusan ini, maka harapan utuk mengikuti tes CPNS 2016 dari jalur umum pun kandas. Namun, untuk Anda yang lulus dari sekolah kedinasan, kesempatan untuk diterima sebagai Pegawai Negeri Sipil masih terbuka lebar.

Beberapa waktu yang lalu sempat beredar kabar bahwa pemerintah Indonesia akan membuka lowongan CPNS lewat jalur umum. Tapi rupanya berita terkait info penerimaan CPNS melalui jalur umum itu adalah hoax alias bohong. Di tengah kekecewaan para calon pelamar CPNS dari jalur umum, honorer daerah kategori 2 (K2) di kabupaten Minahasa Selatan justru mendapatkan berita gembira. Pasalnya, mereka mendapatkan prioritas untuk diterima sebagai PNS di tahun 2016 ini.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Minsel, Drs Roy Tiwa, saat ini jumlah tenaga honorer kategori 2 berjumlah 354 orang.

“Jadi sekali lagi mau saya tegaskan bahwa untuk penerimaan calon pegawai negeri sipil tahun 2016 yang menjadi prioritas adalah dari K2. Namun, BKDD Minsel sejauh ini masih terus menunggu petunjuk Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk tahapan selanjutnya” ujar Roy Tiwa.

354 Honoror Daerah Kategori 2 tersebut kata Tiwa sudah diusulkan BKDD Minsel kepada ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional Sulawesi Utara. Laporan ini mengindikasikan bahwa Kategori 2 Minsel dinyatakan siap mengikuti tahapan selanjutnya.

Namun Tiwa mengatakan lagi bahwa penerimaan CPNS untuk jalur reguler masih tetap ada tapi pihaknya masih berkoordinasi dengan KemenPAN RB di Jakarta.

“Yang pasti, penerimaan CPNS Umum tetap ada, hanya saja masih tunggu petunjuk pusat dan penerimaan CPNS Umum tahun 2016 juga sesuai data ada beberapa formasi yang diusulkannya Pemkab Minsel” tegas Tiwa.

Tiwa juga mengatakan para Honorer Daerah Kategori 2 tahun ini lebih diprioritaskan untuk diterima menjadi PNS sesuai dengan rekomendasi dari bupati Minsel sebelumnya, Chirtiany Eugenia Paruntu.

“Harapanya semoga ini semua akan berjalan lancar” pungkasnya.