Loyalitas kepada Perusahaan Bukan Segalanya, Inilah Mengapa

loyalitas kepada perusahaan
Source: lottspace

Kadang-kadang, kita terlalu terbebani dengan apa yang terjadi di tempat kerja sehingga kita membiarkan hal-hal di sana membuat persepsi kita menjadi keruh, terutama yang terkait dengan menyelamatkan nasib sendiri. Misalnya, Anda mungkin merasa bahwa Anda tidak bisa memulai pencarian pekerjaan di tengah-tengah perubahan struktur organisasi. Atau, Anda merasa bahwa Anda harus membantu proses perbaruan basis data sebelum Anda mulai mencari posisi baru. Atau juga, Anda merasa bahwa Anda harus terus bertahan di kantor sampai perusahaan sukses mendapatkan direktur eksekutif yang baru. Nah, di masa-masa seperti ini, Anda harus ingat: loyalitas kepada perusahaan memang mengagumkan, tetapi bukanlah segalanya.

Loyalitas kepada perusahaan adalah sebuah kualitas yang dibutuhkan di dunia kerja, tetapi kebebasan dan keinginan Anda juga sangat penting. Seperti perusahan yang selalu melakukan apa yang paling terbaik bagi bisnisnya, Anda juga harus melakukan apa yang terbaik bagi diri Anda. Jadi, jika Anda ignin mengeksplorasi kesempatan karir baru, jangan berpikir bahwa Anda harus menunggu hingga waktunya tepat bagi perusahaan.

Utamakan Tujuan Jangka Panjang Anda daripada Loyalitas kepada Perusahaan

Kenali Prioritas-Prioritas Anda

prioritas

Prioritas-prioritas Anda berbeda dengan gol perusahaan. Sangatlah penting untuk bisa mengutamakan prioritas Anda, bebas dari tujuan dari manajer atau tim Anda. Apa yang Anda ingin capai secara profesional, dan bagaimana langkah Anda untuk meraih ambisi-ambisi Anda?

Masalah akan mulai muncul ketika kita berhenti mendengarkan diri sendiri, beserta intuisi dan pemandu dalam hati kita. Kita jadi mulai memprioritaskan gol-gol dan kebutuhan dari perusahaan dan bukannya kebutuhan pribadi kita. Seiring waktu, kita jadi secara tidak sadar menyerah dan melepaskan hal yang paling berharga buat kita, apa yang kita inginkan, dan perasaan “arah” serta tujuan. Inilah mengapa Anda perlu rencana karir dan serangkaian kriteria yang jelas sehingga Anda bisa selalu mengevaluasi progresi karir.

Selalu cek kembali gol-gol karir Anda dan analisa apakah Anda tengah dalam langkah untuk meraihnya. Prioritas Anda yang sesungguhnya harus mengarah ke sana. Tentu, alangkah baiknya jika peran dan pekerjaan Anda yang sekarang mengarah ke sana. Namun, jika tidak, jangan membuat loyalitas kepada perusahaan membuat Anda kehilangan fokus. Temukan pekerjaan lain yang lebih mendukung ambisi-ambisi Anda.

Baca Juga : Siap Melakukan Rekrutmen? Ini 3 Langkah yang Harus Diambil Setiap Manajer HR untuk Memastikannya

Menjadi Prospek Menjanjikan Jauh Lebih Bermanfaat

jadi perekrut yang sukses
Sumber : socialtalent

Talenta adalah sebuah komoditas yang sangat diminati. Anda paling mungkin mendapatkan tambahan rasa percaya diri ketika Anda melihat bahwa peran Anda yang sekarang sudah meningkatkan nilai pasar Anda. Ketika Anda tengah dengan rajin memenuhi kewajiban-kewajiban Anda, Anda juga belajar hal-hal baru, meningkatkan kepiawaian Anda dalam bidang teknologi, dan membangun jejaring Anda. Jadi, setiap hari, Anda belajar dan berkembang sebagai seorang profesional.

Anda tentu berharap agar perusahaan terus menyuburkan keahlian Anda dan memberikan ruang untuk tumbuh dan berkembang. Ini bukan sekedar  bonus dalam bekerja, ini sebuah kebutuhan. Ini adalah kunci dari kepuasan kerja. Jika Anda merasa stagnan di peran Anda, meskipun Anda sudah berusaha untuk naik jabatan atau mendapatkan promosi, maka terserah upaya Anda untuk terus bergerak maju menuju gol Anda sendiri. Jangan sampai loyalitas kepada perusahaan membuat Anda tak melangkah untuk menjamin masa depan Anda. Karena, bisa jadi gol Anda tak konsisten dengan kebutuhan perusahaan yang mempekerjakan Anda.

Jujurlah dengan Diri Anda Sendiri

jujur

Kenyamanan adalah sebuah hal yang susah untuk diraih dan dipertahankan. Transisi adalah sebuah hal yang melelahkan, yang membutuhkan banyak kesiapan. Kadang-kadang, lebih mudah mengatakan bahwa Anda ingin menunggu hingga perusahaan siap Anda pindah daripada menanyai diri Anda sendiri apakah Anda cukup bosan dan resah untuk keluar dari zona nyaman tersebut?

Jika Anda yang memang belum siap, akuilah. Jika memang Anda tidak melakukan yang Anda cintai, dan ada kesempatan untuk jadi lebih baik di luar sana, maka kejarlah. Jangan jadikan loyalitas kepada perusahaan alasan untuk tidak melakukan apa-apa.

Anda adalah seorang individu bebas. Raihlah apa yang penting untuk Anda.

Be the first to comment

Beri komentar Anda tentang artikel ini