Benarkah Makan Ikan Bisa Bikin Tidur Nyenyak dan Otak Tajam? Ini Hasil Penelitiannya

Benarkah Makan Ikan Bisa Bikin Tidur Nyenyak dan Otak Tajam? Simak Hasil Penelitian Berikut
Sumber: Keranews

Hasil penelitian yang dilakukan University of Pennsylvania telah mengidentifikasi tentang adanya cara lain yang bisa dilakukan untuk bisa tidur nyenyak. Hasil studi mengungkapkan bahwa makan ikan dapat membantu tidur lebih baik dan meningkatkan intelektualitas, di mana ini bisa menambah manfaat untuk tubuh dan pikiran. Untuk lebih tahu tentang manfaat makan ikan untuk dapatkan kualitas tidur dan otak tajam, Anda bisa simak ulasan ini.

Hasil Penelitian tentang Makan Ikan

Makan Ikan dan Tes IQ

Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Scientific Report dan dilakukan di Cina. Studi ini melibatkan serangkaian pertanyaan yang diberikan kepada 541 anak. Kelompok ini terdiri dari 54 persen laki-laki dan 46 persen perempuan dengan usia 9 – 11 tahun. Anak-anak ditanya tentang seberapa sering mereka makan ikan dalam beberapa bulan terakhir, dengan jawaban berkisar antara ‘tidak pernah’ sampai ‘paling tidak sekali seminggu’.

Baca Juga: Mau Tahu Jenis Ikan Paling Sehat dan Bergizi? Ini Beberapa di Antaranya

Jawaban tersebut kemudian dibandingkan dengan Wechsler Intelligence Scale for Children, di mana hal ini merupakan tes IQ yang digunakan di Cina. Selain itu, respon orangtua terhadap kualitas tidur anak-anak tersebut juga diuji dengan Children Sleep Habits Questionnaries.

Selanjutnya, peneliti memperhitungkan atribut seperti tingkat pendidikan orangtua dan status pernikahan. Analisis komprehensif ini mengarahkan peneliti untuk mengidentifikasi bahwa anak-anak yang makan ikan secara teratur memiliki skor basis 4,8 poin lebih tinggi pada tes IQ dibandingkan dengan anak-anak yang makan ikan dengan hemat.

Anak-anak yang jarang makan ikan memiliki skor 3,3 poin lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak makan ikan. Ditambah lagi, peneliti juga menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi ikan secara teratur jarang bangun di malam hari dan lebih bisa tidur nyenyak.

Kekuatan Omega-3

Penelitian memvalidasi bahwa asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan dan seafood memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Bahkan, ini dapat dilihat pada orang-orang yang tinggal di ‘Blue Zones’, tempat di mana orang-orang bisa hidup lebih dari 90 tahun, atau mengonsumsi pola makan Mediterania yang mengandung banyak seafood.

salmon yang ditangkap liar

Omega-3 telah terbukti mampu mengurangi perilaku anti-sosial dan ADHD, depresi, dan penyakit Alzheimer. Mengonsumsi ikan juga dapat membantu Anda tetap mawas saat menua. Anda tidak dapat mengatakan hal yang sama untuk cheese pizza, soda, keripik kentang, hamburger tanpa bawang atau tomat, dan lainnya. Jadi, bila Anda ingin memiliki kualitas tidur yang baik dan otak tajam, Anda harus mengonsumsi makanan tepat, ikan.

Makan Ikan Direkomendasikan bagi Anak-anak

Hasil penelitian menyarankan orangtua untuk memasukan ikan dalam menu diet bagi anak-anak. Menurut Jennifer Pinto-Martine, direktur dari Penn’s Center for Public Health dan profesor epidemiologi di Penn Medicine, ia menyatakan bahwa memasukan ikan pada menu makan anak sangat cocok. Karena bau amis, orangtua harus mencari cara dan kreatif dalam mengolah ikan. Dengan begitu, anak-anak bisa lahap saat mengonsumsi ikan.

Makan Ikan, Tidur Nyenyak dan Otak Tajam

Jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi adalah makarel, trout, salmon, sarden, dan herring. Anda bisa memasukannya dalam menu makan anak agar mereka bisa tidur nyenyak dan punya otak tajam. Asam lemak omega-3 seperti DHA dapat membantu membran sel otak dan menjadi pembentuk protein yang baik. Selain itu, makan ikan juga bisa memberi asupan vitamin D yang dapat membantu melindungi dan meningkatkan fungsi otak.

Dalam American Journal of Preventive Medicine, ditemukan bila orang dewasa yang makan ikan secara teratur memiliki lebih banyak sel otak pada korteks orbitofrontal, precuneous, hippocampus, dan area posterior cingulate dalam otak. Beberapa penelitian di Eropa juga mengindikasikan bila ada hubungan kuat antara mengonsumsi ikan dengan intelegensi dan kinerja anak sekolah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here