Alasan Kenapa Makan Kurma Tiap Hari Bisa Mendatangkan Manfaat Mengagumkan untuk Tubuh

Alasan Kenapa Makan Kurma Tiap Hari Bisa Memiliki Manfaat Mengagumkan Untuk Tubuh
Sumber: Refreshjuiceco

Kurma menjadi salah satu buah manis paling populer dan begitu dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain dapat dikonsumsi saat mentah, kurma juga sering dijadikan sebagaiĀ  bahan untuk berbagai macam hidangan, terutama untuk hidangan penutup yang berasa manis. Jenis kurma juga bermacam-macam, di mana ini cukup bervariasi menurut warna, tekstur dan rasa. Dan berikut adalah manfaat makan kurma tiap hari bagi kesehatan.

Manfaat Makan Kurma untuk Kesehatan Tubuh

kurma

Manfaat Makan Kurma Secara Tiap Hari

Berikut ini adalah beberapa manfaat makan kurma bagi tubuh jika Anda mengonsumsinya tiap hari.

  1. Dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kurma diketahui mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mencegah penyumbatan arteri dengan menghentikan pembentukan plak pada dinding arteri. Penyumbatan ini dapat berakibat faval bagi penderita jantung karena bisa menyebabkan serangan jantung. Kurma juga mengandung isoflavon dan phytoestrogen tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskuler.
  2. Dapat melancarkan pencernaan. Kurma mengandung sejumlah serat dan mineral tinggi yang dapat meningkatkan kondisi saluran pencernaan. Kandungan serat yang tinggi ini dapat membantu mengatasi sembelit, sementara kandungan potassium yang tinggi dapat melegakan pasian yang terkena diare. Makan kurma secara teratur juga dapat mencegah kanker usus oleh karena pertumbuhan bakteri baik pada sistem pencernaan.
  3. Dapat menguatkan tulang. Tingginya kandungan mineral esensial dalam kurma, seperti mangan, magnesium, selenium, dan copper dapat membantu menguatkan sel tulang serta mencegah kerapuhan tulang akibat pertambahan usia. Selain itu, makan kurma secara teratur juga dapat mencegah osteopororis dan penyakit ringan lainnya.
  4. Menurunkan kadar kolesterol. Karena kurma tidak mengandung lemak, makan kurma tiap hari secara perlahan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Berdasarkan hasil penelitian terkini, tingginya kandungan iron dan serat dalam kurma juga dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah.
  5. Dapat menjaga tekanan darah tetap terkontrol. Karena kurma menjadi sumber potassium, maka makan kurma tiap hari secara efektif dapat membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh. Potassium ini bisa mengurangi pengaruh sodium sebagai komponen utama dalam garam meja yang bila dikonsumsi justru bisa meningkatkan tekanan darah. Lebih dari itu, tingginya kandungan mineral dalam kurma juga berkontribusi pada penurunan kadar gula darah, di mana ini juga memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
  6. Dapat meningkatkan kekuatan kognitif. Menurut hasil penelitian modern, makan kurma juga dapat mencegah stres oksidafit dan bentuk peradangan lain dari kerusakan sel-sel otak. Jadi, degenerasi neuron dapat dicegah pada orang tua, suatu faktor yang pada gilirannya diketahui dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif lain.
  7. Meningkatkan energi fisik Anda. Kurma diketahui mengandung gula alami tinggi, seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa, yang membuatnya menjadi buah berasa manis. Lebih dari itu, semua gula alami ini melepaskan jumlah kalori yang cukup besar dalam tubuh dan hal ini pun dapat membuat Anda berenergi. Kandungan mineral dalam kurma juga bisa merangsang metabolisme tubuh secara keseluruhan, di mana ini bisa menyebabkan peningkatan tingkat energi tubuh Anda.
  8. Baik untuk wanita hamil. Masalah wasir seringkali menjadi masalah serius selama masa kehamilan. Dan karena kurma mengandung kadar serat tinggi, buah ini pun dapat membantu mencegah pembentukan wasir dalam tubuh. Di tambah lagi, makan kurma juga dapat membuat tubuh lebih sehat selama masa kehamilan hingga Anda pun lebih berenergi.
  9. Meningkatkan kesehatan kulit. Karena kurma mengandung vitamin C dan D tinggi, jadi makan kurma pun bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit dan membantunya tetap kencang, lembut, dan halus.