Apakah Makan Rujak Buah Benar-Benar Sehat? Yuk Cari Tahu Faktanya!

Siapa sih yang tak kenal dengan rujak buah. Kelezatan rujak memang istimewa dan disukai banyak orang. Tak sedikit karyawan yang gemar makan rujak buah di sela-sela rutinitas kerja. Itu sebabnya, rujak buah menjadi camilan populer karena sehat dan rasanya lezat.

Apakah Anda termasuk orang yang hobi makan rujak buah?

Mari mencari tahu fakta seputar rujak buah dan manfaatnya bagi kesehatan Anda.

Sumber Asupan Vitamin, Serat, dan Mineral

Variasi buah dalam rujak memang menjadi sumber asupan vitamin, serat, dan mineral yang baik bagi tubuh. Oleh karena itu, Anda mesti menyantap rujak yang terdiri dari bermacam-macam buah. Karena setiap jenis buah memiliki kandungan gizi yang berbeda. Jangan hanya makan buah yang Anda sukai agar Anda tidak kekurangan asupan gizi untuk mendukung aktivitas.

Mendukung Kebutuhan Cairan Tubuh

Tak banyak yang menyadari kalau makan rujak buah juga baik untuk mendukung kebutuhan cairan tubuh. Bila Anda termasuk orang yang sering lupa minum, makan rujak dapat menjadi salah satu solusi yang baik bagi Anda. Pilihlah jenis buah yang mengandung banyak air seperti timun, nanas, bengkuang, dan jambu. Sehingga risiko dehidrasi saat beraktivitas pun bisa diminimalkan.

Baca Juga: Tak Banyak Diketahui, Inilah 5 Manfaat Luar Biasa Buah Semangka!

Membatasi Konsumsi Bumbu Rujak

Makan rujak buah memang menyenangkan dan bikin ketagihan. Terutama bila bumbu rujaknya terasa sangat sedap dan pedas. Sayangnya, bumbu rujak yang terdiri dari gula merah dan kacang goreng rentan membuat Anda mengonsumsi kalori secara berlebihan. Padahal, Anda juga mendapatkan asupan kalori dari makanan berat dan camilan lainnya sepanjang hari.

Alangkah lebih baik jika Anda meminimalkan konsumsi bumbu rujak saat menyantap rujak buah. Anda juga bisa mengurangi porsi makan berat bila ingin menyantap rujak buah dengan porsi lebih banyak.

Rujak Buah bagi Pengidap Maag

Buah-buahan yang bercita rasa asam tentu tidak disarankan bagi Anda yang mengidap penyakit maag atau mengalami konsumsi asam lambung berlebihan. Karena cita rasa asam tersebut rentan memicu peningkatan produksi asam lambung. Sebaiknya Anda membatasi konsumsi buah asam seperti mangga, kedondong, atau nanas saat makan rujak buah. Anda dapat memilih jenis buah lain yang cita rasanya manis sehingga aman bagi kesehatan lambung Anda.

Sesekali, tak ada salahnya menghidangkan menu rujak buah untuk camilan di rumah atau kantor. Sensasi makan rujak buah bersama orang-orang terdekat pasti mengasyikkan. Anda pun akan mendapatkan asupan gizi seimbang bila menikmati rujak buah dengan porsi seimbang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here