Makan Setelah Olahraga, Apakah Baik untuk Diet?

makan setelah olahraga

Bagi orang yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, makan menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan. Tak sedikit juga yang memiliki jadwal makan sangat ketat. Lalu, bagaimana dengan makan setelah olahraga? Apakah hal tersebut baik untuk diet?

Tak sedikit, lho, orang yang menghindari makan setelah olahraga, dengan alasan hal tersebut dapat menjadikan pembakaran kalori selama olahraga menjadi sia-sia. Anggapan tersebut ternyata kurang tepat adanya.

Bahkan, para ahli nutrisi dan olahraga juga menyarankan untuk mengisi perut sekitar 45 hingga 60 menit setelah berolahraga. Waktu-waktu tersebut sebenarnya adalah waktu yang tepat untuk makan, walau kamu sedang menjalankan program diet menurunkan berat badan.

Ada sebuah riset yang juga mengungkan bahwa kondisi otot yang kehabisan zat glikogen dapat menyebabkan otot rusak. Maka dari itu, makan setelah olahraga, dapat mengganti energi dari glikogen yang tadi tersimpan di dalam otot. Sangat penting untuk mengembalikan protein atau pun energi yang hilang.

Nah, sudah tau kan bahwa ternyata makan setelah olahraga justru dianjurkan? Namun hal tersebut bukan berarti kamu bisa bebas menyantap berbagai jenis makanan. Boleh saja sih sebenarnya. Tapi jika tujuan kamu adalah ingin menjaga tubuh tetap bugar selama menurunkan berat badan, kamu harus pintar memilih makanan yang baik setelah kamu membakar kalori.

Makan Setelah Olahraga Ternyata Membantu Kamu Menurunkan Berat Badan!

Karbohidrat menjadi salah satu jenis kandungan makanan yang perlu dikonsumsi sehabis olahraga. Apalagi, jika olahraga kamu cukup intens dan keras, selama hingga 2 jam misalnya. Selama olahraga, banyak karbohidrat yang hilang karena dibakar untuk energi.

Baca Juga: 4 Kesalahan Cara Diet Ini Justru Bikin Anda Gemuk, Jadi Gagal Kurus!

Tidak hanya sembarang karbohidrat saja, asupan juga perlu dilengkapi dengan serat dan protein yang baik, untuk mendukung penurunan berat badan kamu lebih efektif. Bahkan, seorang ahli diet Jessica Crandall, dari Academy of Nutrition and Dietetics menyatakan bahwa makan asupan yang tepat setelah olahraga justru dapat mencegah tubuh makan berlebihan selanjutnya.

Lalu, Apa Saja Makanan yang Baiknya Dikonsumsi Setelah Olahraga?

Menurunkan Berat Badan Dengan Menerapkan Rencana Diet Telur? Begini Caranya!
Sumber: Credihealth

Ada karbohidrat, protein, dan serat tentu menjadi menu yang sempurna. Beberapa pilihan sederhananya adalah nasi dengan telur mata sapi, nasi dengan ikan atau ayam.

Bagi kamu yang telah mengikuti kelas fitness di gym, seperti misalnya kelas Strong by Zumba, Body Combat, Body Pump, RPM, atau latihan bersama personal trainer, tidak usah bingung lagi jika teman fitness kamu mengajak makan ayam geprek, ayam bakar, atau ketoprak.

Berbagai pilihan makanan tersebut sebenarnya sudah cukup lho untuk mengembalikan karbohidrat dan protein yang diperlukan tubuh untuk mengganti yang hilang selama berolahraga. Asalkan tahu batasan, makan sesuai porsi, jangan sampai kekenyangan.

Jangan lupa juga untuk melengkapinya dengan berbagai sayur dan buah sebagai sumber serat. Konsumsi serat yang baik dan teratur dapat memperlancara sistem pencernaan yang juga berperan sangat penting selama proses penurunan berat badan kamu.

Istirahat yang cukup, tidur minimal 7 jam sehari, agar tubuh tetap bugar selama diet. Nah, masih takut untuk makan setelah olahraga?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here