Terungkap! 4 Manfaat Makan Siang bersama Rekan Kerja yang Penting bagi Anda

makan siang bersama rekan kerja

Waktu makan siang merupakan momen berharga yang pasti dinantikan oleh semua pekerja. Anda pun bisa beristirahat selama beberapa saat ketika jam makan siang. Ada satu aktivitas yang patut Anda lakukan lebih sering mulai sekarang, yaitu makan siang bersama rekan kerja.

Ternyata, sering makan siang bersama rekan kerja bisa memberikan beragam manfaat bagi Anda.

Lakukanlah hal tersebut lebih sering lagi bila Anda ingin mendapatkan empat manfaat ini:

Membuat Anda Lebih Bahagia

CEO Tribute, Andrew Horn, menyatakan bahwa orang-orang yang membangun persahabatan di lingkungan kerjanya cenderung lebih bahagia. Hal ini tentu akan membawa dampak yang positif bagi suasana hati Anda sewaktu bekerja. Usahakan untuk melakukan hal-hal positif selama makan siang bersama rekan kerja. Hindari bergosip atau membicarakan hal-hal negatif tentang lingkungan kerja ketika makan siang.

Baca Juga : Manfaat Humor di Kantor Ternyata Sangat Baik bagi Anda dan Rekan Kerja

Menjalin Relasi Kerja yang Lebih Luas

Momen makan siang dapat dimanfaatkan sebagai waktu yang tepat untuk menjalin relasi kerja. Anda tak harus makan siang dengan rekan kerja yang sudah akrab saja. Cobalah untuk ikut makan siang bersama rekan kerja dari divisi lain. Jalinan relasi kerja yang luas akan membantu Anda mengembangkan karier. Anda pun tak perlu segan meminta bantuan kepada teman-teman sewaktu Anda membutuhkannya.

Meningkatkan Produktivitas

Tak banyak orang yang tahu bahwa makan siang bersama rekan kerja juga efektif meningkatkan produktivitas. Hal ini sudah diuji dalam penelitian dan dipublikasikan di Jurnal Human Performance pada tahun 2015. Penelitian tersebut menguji performa kerja sekelompok staf pemadam kebakaran.

Anggota pemadam kebakaran terbiasa makan bersama rekan kerja terbukti lebih produktif dibandingkan anggota yang tidak melakukan hal tersebut. Profesor Kevin Kniffin dari jurusan aplikasi ekonomi dan manajemen Cornell University menyatakan bahwa ada kedekatan khusus yang terjadi di antara orang yang kerap berbagi makanan dan minuman.

Menghemat Pengeluaran untuk Makan Siang

Mungkin Anda sering kali tergugah menyantap menu makan siang mahal yang menggiurkan. Urusan selera tersebut tak akan mengganggu upaya penghematan Anda kalau Anda sering makan siang bersama rekan kerja. Ajaklah rekan kerja Anda untuk menyantap makanan mahal secara kolektif. Anda dan rekan kerja pun akan sama-sama hemat sekaligus bisa menikmati makanan lezat yang agak mahal.

Jika Anda sering makan siang bersama rekan kerja, Anda pasti sudah memahami empat manfaat tersebut. Namun, Anda harus melakukannya lebih sering kalau selama ini Anda jarang makan siang dan bersantai bersama rekan-rekan kerja di kantor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here