Terdengar Tidak Biasa, Inilah Beberapa Makanan Aneh Khas Indonesia!

makanan aneh
Sumber: resepnusantara

Indonesia terkenal akan bumbu rempah-rempahnya yang akan membuat setiap hidangan menjadi lezat. Tidak hanya orang Indonesia saja, banyak pendatang-pendatang dari luar negeri yang suka terhadap masakan Indonesia. Tak heran jika kita sedang jauh dari kampung, kita kerap rindu akan makanan khas dari daerah masing-masing. Lauk pauk yang digunakan untuk menu masakannya pun beragam. Bahkan, di beberapa daerah Indonesia terdapat makanan khas yang bisa dibilang jarang dikonsumsi oleh orang biasanya. Meski makanan aneh ini terdengar tak lazim, namun masih tetap bisa dikonsumsi. Penasaran apa sajakah menu makanan tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

Berani Mencoba Makanan Aneh Khas Indonesia Ini?

1. Botok Tawon

Sumber: reseppraktislengkap

Makanan aneh yang berbahan dasar utama dari sarang tawon atau lebah ini masih bisa ditemukan di daerah pedesaan Jawa Timur. Meski terdengar aneh, makanan ini digemari oleh masyarakat. Rasanya pun beragam, ada yang pedas, manis dan asam segar.

2. Lawar Bali

Sumber: masakandapurku

Bila Berkunjung ke Bali, jangan lewatkan salah satu kuliner yang menjadi khas pulau Dewata ini, yaitu lawar. Bahan dari menu masakan ini adalah daging babi, darah babi yang masih segar, parutan kelapa dan juga disertai bumbu rempah-rempah lainnya.

3. Rujak Cingur

Sumber: surabayafamily

Makanan khas Surabaya ini, terkesan agak geli dan menjijikkan bagi mereka yang baru ingin pertama kali mencobanya. Sebab, makanan ini terbuat dari cingur atau hidung dan mulut sapi. Akan tetapi jangan salah, rujak cingur ini nyatanya memiliki rasa yang sangat enak. Apalagi bila ditambahkan dengan sambal petis yang dipadu kacang tanah. Nyam!

4. Paniki

Sumber: jalansanasini

Makanan aneh ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kota Manado. Paniki ini berbahan dasar dari daging kelelawar serta bumbu-bumbu lainnya. Menu ini sangat cocok untuk para pecinta cabai karena rasanya yang pedas. Bagi yang tidak kuat dengan pedas, Anda tidak disarankan memakan menu yang satu ini karena dijamin akan membuat perut Anda panas.

5. Tokek Goreng

Sumber: today.line.me

Jika di rumah Anda sering terjadi ‘perkumpulan’ tokek, sebaiknya jangan Anda usir karena Anda bisa menangkapnya dan lalu memasaknya. Meski terlihat menjijikkan, namun daging tokek dipercaya sebagai jamu untuk masalah penyakit kulit.

Baca Juga: Menggiurkan, Makanan Khas Malang Ini Siap Meggoyang Lidah Anda!

6. Jus Cacing Tanah

Sumber: femmeactuelle

Daripada menjadi umpan pancing, lebih baik Anda gunakan cacing tanah ini sebagai keperluan sendiri. Cacing tanah ternyata bisa diolah dengan dikeringkan, lalu kemudian dijadikan serbuk sehingga nantinya bisa dijadikan jus. Minuman ini merupakan resep turun temurun sebagai obat dan juga dapat mengatasi masalah anak yang sulit makan. Protein dalam daging cacing dipercaya sangat tinggi manfaatnya.

7. Keripik Teripang

Sumber: perutgendut

Keripik berbahan dasar singkong, kentang, ataupun ketela nampaknya sudah terdengar biasa. Namun, apa jadinya jika camilan keripik ini memiliki bahan dasar dari hewan laut yang menyerupai lintah alias teripang? Teripang  ini sendiri mengandung protein yang tinggi, sehingga jangan khawatir untuk memakan makanan aneh ini. Rasanya pun tak kalah gurih dari keripik pada umumnya.

8. Sate Kuda

Sumber: serbaserbiinfoterkini56

Sate kuda ini banyak ditemui di daerah Jawa dan Sumbawa. Konon katanya, jika Anda memakan daging kuda dan meminum susunya, dipercaya akan menambah stamina para pria.

9. Sate dan Rica-Rica Landak 

Sumber: ksmtour

Hewan yang memiliki bulu seperti jarum ini nyatanya juga bisa dijadikan bahan sate dan rica-rica. Dan daging landak ini pun berkhasiat baik untuk dikonsumsi, karena bisa menjadi obat penyakit asma dan juga alergi kulit.

10. Sate Buaya

Sumber: tribunnews

Jika manusia kerap menjadi santapan buaya, lain halnya di daerah Sumatra dan Kalimantan. Di mana ada kuliner yang menyajikan buaya dalam bentuk sate. Berani mencobanya?