Tidak Cuma Kopi, Ini Makanan dan Minuman Penghilang Kantuk yang Dijamin Membuatmu Melek!

penghilang kantuk selain kopi
sumber: Tastemade

Apakah kamu memiliki kebiasaan mengantuk setelah bekerja? Kelelahan bekerja memang bisa berujung pada timbulnya rasa kantuk. Hal ini tentu tidak baik ketika pekerjaan cukup banyak dan harus segera diselesaikan. Sebagian besar orang memilih minum kopi agar otak kembali segar dan mata bisa melek. Pada kenyataannya, kopi bukan satu-satunya penghilang kantuk yang efektif. Apalagi tidak semua orang bisa menikmati kopi. Jika kamu sering butuh asupan agar tetap fokus di kantor dan bukan sebagai penyuka kopi, berikut ini ada beberapa alternatif makanan dan minuman yang bisa kamu coba. Inilah makanan dan minuman yang cukup ampuh sebagai penghilang kantuk saat di kantor!

Mudah Didapat, Air Putih Manjur Menjadi Penghilang Kantuk

sumber: Dr. Weil

Kurangnya konsentrasi dalam beraktivitas dalam menimbulkan rasa kantuk. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu mengembalikan konsentrasi daripada sekadar membuat matamu melek. Salah satu faktor penyebab konsentrasi yang berkurang adalah kekurangan cairan dalam tubuh. Isilah tubuhmu dengan meminum air putih untuk mendapatkan cairan kembali. Jadi, ketika kamu mulai merasa kelelahan, segeralah mengonsumsi air putih sebelum terlanjur menjadi mengantuk. Ingat untuk selalu sediakan air putih di meja kerjamu ya!

Baca Juga: 5 Camilan Sehat di Kantor yang Bisa Mengganjal Perut Laparmu, Yummy Banget!

Mengonsumsi Teh Hangat Juga Bisa Jadi Alternatif

sumber: education2u

Kalau kamu kurang suka kopi, ada alternatif minuman penghilang kantuk yang cukup efektif. Minum saja teh hangat ketika kamu mulai merasa mengantuk. Secangkir teh hangat bisa mengaktifkan saraf-saraf otak agar dapat kembali bekerja. Teh hangat juga bisa membantumu lebih tenang dalam menyelesaikan pekerjaan. Sangat disarankan untuk mengonsumsi teh hangat daripada teh dingin saat kondisi badan sedang kelelahan. Jadi, jangan minum es teh kalau lagi mengantuk, ya!

Apel Menjadi Makanan Sehat sebagai Penghilang Kantuk

sumber: VidoeBlocks

Bukan hanya minuman, kamu juga bisa memberi asupan makanan untuk otakmu yang sedang lelah. Apel merupakan makanan sehat yang dipercaya bisa menjauhkanmu dari rasa kantuk. Kamu bisa memperoleh kandungan vitamin dan mineral dari buah apel yang tentu baik untuk tubuh dan otakmu. Kandungan fruktosa dalam buah apel dipercaya bisa membuat tubuh tetap segar meski pekerjaan menumpuk. Nah, untuk melawan kantuk, ternyata ada yang lebih sehat daripada kopi nih!

Bukan Hanya Perbaiki Mood, Ini Manfaat Lain dari Es Krim

sumber: Tastemade

Hampir semua orang pasti menyukai es krim. Tentu kamu adalah salah satunya. Selama ini es krim dikenal sebagai makanan yang bisa memperbaiki mood. Ternyata kelebihan es krim tidak hanya itu loh. Rasa manis pada es krim juga bisa menjadi penghilang kantuk yang efektif. Sensasi rasa segar setelah makan es krim bisa membuat kamu kembali fokus menyelesaikan pekerjaan. Coba sesekali mengonsumsi es krim saat rasa kantuk menyerangmu.

Makanan Pengilang Kantuk yang Tidak Kalah Segar, yaitu Semangka

sumber: wallpapers

Kunci dari menghilangkan kantuk adalah memberi cairan yang hilang pada tubuh. Selain minum air putih, semangka bisa menjadi makanan yang memberikan efek segar padamu. Seperti yang sudah kamu ketahui, kandungan air pada semangka cukup tinggi. Inilah yang bisa membantu mengembalikan cairan yang hilang pada tubuhmu. Bagaimana? Ternyata buah-buahan pun bisa mengusir rasa kantuk ya!

Itu tadi beberapa alternatif makanan dan minuman penghilang rasa kantuk yang bisa kamu coba. Mulai sekarang, kamu bisa ganti kopi dengan makanan dan minuman tadi nih. Tidak ada yang salah dengan mengonsumsi kopi, hanya saja jangan terlalu bergantung pada kopi saat mengantuk ya!

Beri komentar Anda tentang artikel ini