Bikin Bangga, Ini 7 Makanan Indonesia yang Mendunia dan Disukai Banyak Orang

makanan Indonesia yang mendunia
sumber: limakaki

Orang Indonesia wajib bersyukur bisa lahir dan hidup di negeri penuh kekayaan ini. Bukan hanya kekayaan alam, kekayaan kuliner juga membawa Indonesia memiliki banyak makanan dengan beragam cita rasa. Bahkan, tiap daerah memiliki makanan khas tersendiri yang unik. Tidak hanya disukai penduduk negeri sendiri, ternyata banyak makanan Indonesia yang mendunia. Oleh sebab itu, orang-orang luar negeri pun begitu doyan menikmati makanan asli Indonesia. Kira-kira makanan Indonesia yang mendunia tersebut apa saja ya? Berikut daftar makanannya, siapa tahu salah satunya adalah makanan favorit kamu!

Hampir Mirip Salad, Gado-Gado Ternyata Menjadi Makanan Indonesia yang Mendunia

sumber: Bangka Pos

Siapa sangka “salad”nya orang Indonesia ini disukai warga Napoli, Italia. Gado-gado sendiri pernah bersaing dalam kompetisi dunia dan bersaing dengan hidangan khas negara-negara lainnya. Gado-gado dinilai unik dan memiliki cita rasa yang tinggi. Wah, warga Jakarta wajib bangga nih kalau gado-gado sampai dikenal dunia!

Baca Juga: 5 Makanan Malaysia yang Ternyata Mirip dengan Makanan Khas Indonesia, Enak Mana?

Jangan Heran Kalau Banyak Bule Doyan Makan Nasi Goreng

sumber: limakaki.com

Mungkin negara lain juga memiliki kuliner yang satu ini. Namun, cita rasa nasi goreng khas Indonesia yang berbeda menyebabkan makanan Indonesia yang mendunia ini disukai banyak turis. Kamu tentu masih ingat kan mantan presiden Amerika Serikat, Barrack Obama, begitu menggemari nasi goreng ini. Konon, bumbu super lengkap ala nasi goreng Indonesia tidak bisa disaingi negara lain deh!

Kalau Makanan Indonesia yang Mendunia Ini Pasti Sudah Tak Asing: Rendang

Makanan khas Padang ini memang sudah cukup lama mendunia. Rendang dianggap sebagai makanan kaya rempah yang unik dengan daging yang super empuk. Ini yang membuat rendang berhasil masuk di urutan ke-50 makanan terenak di dunia versi CNN pada beberapa tahun lalu. Tidak hanya warga Padang yang bangga nih, seluruh orang Indonesia pasti senang!

Berkuah dan Menyegarkan, Bakso Pun Disukai Banyak Orang

Bakso buatan Indonesia ternyata bisa menggugah selera para orang Tiongkok lho. Isian bakso berupa daging sapi yang enak, mie, gorengan, pangsit, serta siraman kuah dengan kaldu yang enak membuat makanan Indonesia yang mendunia ini susah ditolak deh. Di negeri sendiri saja begitu digemari, pantas kalau orang luar negeri juga doyan ya.

Tempe Juga Merupakan Salah Satu Makanan Indonesia yang Mendunia

sumber: id.tastemade.com

Kepopuleran tempe paling tampak terasa di negeri Sakura, Jepang. Warga Jepang sangat menggemari makanan yang terbuat dari kedelai ini. Tempe pertama kali muncul di Jepang saat ada seseorang yang tidak sengaja menjualnya di bazar makanan. Sejak saat itu, tempe menjadi kesukaan warga Jepang hingga sekarang. Wajar tempe begitu disukai ya, lihat saja banyak menu olahan tempe yang bisa dibuat dan rasanya pasti enak.

Wah, Ternyata Sop Buntut Juga Dikenal Sampai Luar Negeri!

sumber: flickr.com

Makanan Indonesia yang mendunia berikutnya adalah sop buntut. Penduduk Spanyol yang menyukai masakan dari daging sapi sangat suka menyantap sop buntut. Makanan ini justru pertama kali muncul di kedutaan Indonesia yang ada di Italia. Orang Spanyol yang saat itu baru pertama kali mencicip sop buntut pun langsung jatuh cinta. Sop buntut memang juara ya!

Kelezatan Sate Juga Turut Mendunia Nih!

sumber: id.tastemade.com

Terakhir, ada sate yang juga menjadi makanan Indonesia yang mendunia. Makanan olahan daging yang sederhana ini justru mampu menggoyang lidah orang luar negeri. Beberapa restoran internasional juga sudah memasukkan sate ke dalam menu makanan mereka. Bahkan, sate juga menjadi menu andalan sebuah restoran bernama Stay Junction di New York. Keren!

Makanan Indonesia yang mendunia ini bikin bangga ya! Makanan mana nih yang menjadi kesukaanmu? Terus cintai dan nikmati kuliner Indonesia ya!

Beri komentar Anda tentang artikel ini