Serba ‘Yaki’, Ini 5 Makanan Khas Jepang yang Terkenal Enak

makanan khas Jepang
sumber: japancentre

Sadar nggak sih begitu banyak masakan khas Jepang yang memiliki unsur kata “yaki” di dalamnya? Uniknya, makanan-makanan tersebut juga cukup mendunia sehingga cukup familiar. Kuliner Jepang hampir mirip dengan ciri khas kuliner Asia yang gurih dan enak. Selain itu, rasa kuliner Jepang tampaknya paling mudah diterima lidah orang-orang kebanyakan. Apakah kamu juga merupakan penggemar kuliner Jepang? Berikut ini adalah beberapa makanan khas Jepang serba “yaki” yang sudah terkenal enak dan digemari di seluruh dunia. Simak ya!

Okonomiyaki, Makanan Khas Jepang yang Jadi Primadona Street Food

sumber: justonecookbook

Di Jepang, begitu banyak street food yang digemari para turis. Salah satu kuliner yang paling dicari di street food adalah okonomiyaki. Kuliner ini pertama kali sangat populer di daerah Kansai. Isinya merupakan campuran antara telur, tepung, gula, garam, irisan kol, kaldu dashi, serta air yang dimasak di atas wajan datar. “Okonomi” berarti apa yang kamu suka, sedangkan “yaki” berarti memanggang. Jadi, topping okonomiyaki ini bebas diisi oleh apa saja sesuai selera. Misalnya, katsuobushi, aonori, hingga saus okonomiyaki.

Baca Juga: Tren Kuliner di Go-Food Selama Tahun 2018, Favoritmu yang Mana?

Pasti Sudah Tidak Asing dengan Takoyaki ini Deh

sumber: justonecookbook

Nah, kalau makanan khas Jepang yang ini juga mudah ditemui di Indonesia. Bahkan, banyak gerai makanan di mall yang menyajikan takoyaki. Makanan ini terbuat dari campuran tepung, telur, dan kaldu dashi. Campuran tersebut kemudian dipanggang di atas cetakan berbentuk bulat. Isian yang biasa ditambahkan adalah daun bawang dan tako alias potongan gurita. Selain itu, takoyaki ini akan dihidangkan bersama irisan rumput laut kering, saus takoyaki, dan mayonaise di atasnya.

Telur Dadar ala Jepang Ini Namanya Tamagoyaki

sumber: asianinspirations

Bukan hanya Indonesia yang gemar makan telur goreng. Tamagoyaki adalah makanan khas Jepang dengan bahan dasar telur. Yang membuat kuliner ini menarik adalah cara pembuatannya. Tamagoyaki dibuat dengan wajah khusus berbentuk kotak. Telur dimasukkan ke dalam wajan kemudian akan dilapis, ditumpuk, dan digulung. Bisa kamu coba buat di rumah juga nih!

Makanan Khas Jepang yang Begitu Populer di Indonesia: Yakiniku

sumber: japancentre

Mungkin kamu sudah sering menikmati kuliner yakiniku di Indonesia. Yakiniku merupakan barbeque ala Jepang. Orang Jepang biasanya memanggang daging sampai tingkat kematangan yang diinginkan. Daging tersebut kemudian dicelupkan ke saus tare. Campuran saus tare terdiri dari soy sauce, sake, mirin, gula, bawang putih, dan wijen. Selain itu, disediakan pula bawang bombay dan paprika yang membuat yakiniku terasa lebih nikmat saat dimakan.

Makanan Teriyaki Apa yang Sering Kamu Makan?

sumber: salu-salo

Teriyaki sebenarnya merupakan cara memasak ala Jepang dengan melapisi bahan dengan kecap, marin, sake, dan dula. Bumbu-bumbu inilah yang dipercaya membuat makanan ini menjadi bersinar saat dipanggang. Nama teriyaki sendiri diambil dari “teri” yang artinya bersinar dan “yaki” yang artinya dipanggang. Beberapa bahan yang biasa dibuat dengan cara teriyaki ini adalah sapi, ayam, babi, hingga salmon. Kalau di Indonesia, kamu paling sering makan yang mana nih? Ternyata makanan khas Jepang ini bisa dimodifikasi sesuai lidah Indonesia dan jadi kesukaan orang Indonesia juga.

Ternyata Jepang memiliki ragam kuliner yang keren. Makanan serba “yaki” ini menunjukkan bahwa kuliner Jepang sanggup mendunia. Semoga keberhasilan makanan khas Jepang ini bisa ditiru oleh kuliner Indonesia ya!

Beri komentar Anda tentang artikel ini