Saat Mampir ke Surabaya, Jangan Pernah Lewatkan 6 Makanan Legendaris Ini!

makanan legendaris

Saat mampir ke kota Surabaya, jangan lupa untuk mencicipi makanan legendaris dari Kota Pahlawan tersebut. Meski sekarang ini sedang hits makanan-makanan kekinian, namun Surabaya tetap setia dengan makanan khasnya yang selalu diburu oleh para pecinta kuliner. Kuliner apa saja yang tidak boleh dilewatkan selagi berada di kota Surabaya? Berikut adalah 6 kuliner Surabaya paling legendaris yang sayang untuk dilewatkan.

6 Makanan Legendaris Khas Surabaya

1. Nasi Goreng Jancuk

Sumber: ksmtour

Buat Anda penggemar nasi goreng, di Surabaya sendiri sangat terkenal dengan nasi goreng jancuk. Jika di Jakarta ada nasi goreng kambing Kebon Sirih, Surabaya memiliki nasi goreng yang tak kalah enaknya. Untuk satu porsi pun sangat banyak, di mana Anda bisa memakannya untuk beramai-ramai. Namun, untuk Anda yang tidak suka dengan pedas, jangan harap bisa makan nasi goreng ini. Karena satu porsi nasi goreng jancuk ini menggunakan setengah kilo cabai. Kebayang rasanya, bukan?

2. Nasi Krawu

Sumber: geregetin

Sebenarnya nasi krawu berasal dari Gresik. Dan apa pun segala jenis kuliner nasi dari Jawa Timur selalu identik dengan serundeng. Termasuk dengan nasi krawu ini yang juga menggunakan taburan serundeng. Selain itu, menu makanan ini pun ditemani dengan beberapa lauk lainnya seperti semur daging, jeroan sapi, dan sambal terasi istimewa.

Baca Juga: Menggiurkan, Makanan Khas Malang Ini Siap Meggoyang Lidah Anda!

3. Nasi Rawon Setan

Sumber: warungpemadamkelaparan

Jika Anda pernah makan rawon, sebenarnya dari segi rasa tidak jauh berbeda dari rawon yang sering Anda temui di berbagai restoran di Jakarta. Hanya saja, begitu Anda menyeruput kuahnya yang hitam kental dalam satu sendok makan, dijamin Anda akan merem melek. Kuahnya yang begitu pedas mampu membuat Anda tidak berhenti untuk memakannya, ditambah kikilnya yang begitu kenyal semakin menggugah selera.

4. Lontong Balap

Sumber: masteresep

Yang membedakan lontong ini dari lontong sayur lainnya ialah kuahnya yang tidak menggunakan santan. Dengan kuahnya yang sedikit kecokelatan, lontong balap ini pun menjadi begitu segar dan bikin lidah bergoyang. Makanan legendaris ini patut dicoba ketika Anda mengunjungi Surabaya.

5. Tahu Campur

Sumber : wahib

Selain serundeng, hampir semua kuliner Surabaya pun menggunakan tahu. Salah satu menu makanan yang wajib masuk dalam daftar makanan legendaris di Surabaya yakni tahu campur. Menu ini merupakan perpaduan antara daging sapi dan perkedel. Tak hanya itu saja, tahu ini akan semakin segar jika ditambahkan selada, dan tauge. Tak lupa, taburkan juga kerupuk untuk mendapatkan sensasi renyahnya.

6. Tahu Tek

Sumber: gregetin

Jika dilihat dari tekstur tahu tek, sekilas mirip dengan ketoprak. Hanya saja, tahu tek lebih menggunakan kentang dan tauge. Tak hanya itu, yang membedakan tahu tek dari ketoprak adalah siraman kuah petis udang dan bukan kacang. Nyummy!