Bikin Ngiler, 5 Makanan Populer Korea Ini Andai Saja Ada di Indonesia

makanan populer Korea
sumber: Maangchi

Kebudayaan Korea belakangan ini sangat cepat menyebar di Indonesia. Lihat saja, begitu banyak karya seni Korea yang begitu diminati anak muda, misalnya drama Korea dan musik Korea. Bahkan, beberapa komunitas penggemar tarian Korea juga mulai bermunculan. Yang tidak kalah ketinggalan heboh tentu saja kuliner-kuliner Korea yang mulai bermunculan di beberapa restoran Indonesia. Siapa sangka nih efek dari drama Korea bisa membuka peluang baru di bisnis kuliner. Hanya saja, tidak semua kuliner Korea ada di Indonesia. Ada beberapa makanan populer Korea yang masih jarang ditemui di Indonesia. Penasaran nggak dengan kuliner tersebut? Berikut ada beberapa makanan populer Korea yang konon menjadi kuliner terfavorit di sana.

Dak Galbi Menjadi Makanan Populer Korea yang Menggiurkan

sumber: Live Japan

Kuliner yang satu ini jelas dibilang enak karena isinya yang cukup unik. Dak galbi ini dimasak pada hot plate yang berisi ayam goreng, kubis, kue beras, bawang merah, dan kentang manis. Sementara untuk saus panasnya terbuat dari pasata cabai, kunyit, dan kecap. Namun, ada satu hal yang membuat dak galbi menjadi kuliner enak. Apalagi kalau bukan keju mozarella. Ketika bahan-bahan tadi dimasak dan dicampur dalam satu hot plate, bisa kamu bayangkan betapa nikmatnya dak galbi ketika sudah sampai di mulut?

Baca Juga: Mau Mencicipi Kuliner khas Turki di Jakarta? Yuk, Kunjungi 3 Resto Ini!

Hampir Mirip dengan Sop, Gomtang Ini Sepertinya Pas Dimakan di Cuaca Dingin

sumber: Hip Foodie Mom

Makanan populer Korea berikutnya adalah gomtang. Kuliner ini sekilas mirip dengan sop yang biasa dimakan orang Indonesia. Gomtang ini berisi nasi, daging sapi, daun bawang, serta telur yang dipotog tipis. Orang Korea biasa menikmati gomtang ini di mangkuk batu dan dinikmati saat masih panas-panasnya. Wah, pas banget ya kalau dimakan saat hawa sedang dingin!

Baca Juga: Beda Tipis! Ini 4 Kuliner Singapura yang Mirip Makanan Indonesia

Kongnamul Gukbap Ini Juga Favorit Banget di Korea

sumber: Maangchi

Selanjutnya ada kongnamul gukbap. Bentuknya serupa nasi yang dicampurkan dalam sop panas. Bahan dasar makanan populer Korea ini adalah kecambah. Semua bahan sop dimasukkan dan langsung dicampurkan dengan nasi saat disajikan. Meski terkesan sebagai sop yang sederhana, kongnamul gukbap ini menjadi favorit warga Korea karena mudah dibuat dan pastinya enak dimakan saat panas.

Kalguksu, Makanan Populer Korea yang Ini Sepertinya Masih Cocok dengan Lidah Indonesia

sumber: Korea Tourism Organization

Kalau orang Indonesia terbiasa dengan makan mie, makan Korea juga punya kuliner mie yang sejenis. Namanya adalah kalguksu. Mie pada kalguksu ini cukup unik karena tebal dan lembut. Kuahnya sendiri hanya terbuat dari kaldu ayam,  kerang, rumput laut, dan wijen. Cukup sederhana kan? Namun, jangan heran kalau kalguksu ini ternyata terkenal enak di Korea sana soalnya rasa kalguksu ini gurih dan enak.

Nakji Bokkeum Menjadi Menu Terenak di Korea

sumber: Flickr

Kalau mau tahu makanan populer Korea yang paling enak disandingkan dengan nasi, ya pastinya nakji bokkeum ini. Kuliner ini merupakan olahan gurita yang dimasak dengan bumbu khusus. Paling enak jika menikmati nakji bokkeum dengan nasi panas dan tumis sayur. Paduan bumbu yang gurih beserta gurita yang enak menjadikan kuliner ini dinobatkan sebagai menu terenak di Korea.

Wah, kalau bicara kuliner Korea memang tidak habisnya ya! Dari kelima makanan populer Korea tadi, apakah ada yang sudah pernah kamu coba? Semoga restoran Korea di Indonesia makin sering menyajikan menu-menu enak Korea ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here