5 Makanan Sehat yang Harus Lebih Sering Dikonsumsi Pria

makanan sehat untuk pria

Aktivitas olahraga memang identik lebih sering dilakukan oleh kalangan pria. Aktivitas ini pun ada baiknya untuk diimbangi juga dengan mengonsumsi makanan sehat demi mendapatkan tubuh yang selalu sehat. Makan sembarang makanan hanya akan membuat olahraga yang rutin Anda jalankan menjadi kurang manfaatnya. Oleh karena itu, berikut ini terdapat beberapa makanan sehat yang wajib Anda konsumsi setiap hari.

Ikan Laut

Sumber: legionathletics

Tak peduli berapa usia Anda, berapa lama Anda bisa berlari, untuk membuat tubuh selalu dalam kondisi prima, Anda membutuhkan asam lemak yang sehat untuk menjaga kondisi tubuh Anda. Ikan laut seperti salmon, tuna, dan sarden adalah beberapa jenis makanan sehat yang bagus untuk Anda masukkan ke diet mingguan. Asam lemak omega-3 sehat yang ditemukan dalam ikan adalah sumber Vitamin D yang baik. Oleh sebab itu, setidaknya Anda harus mengonsumsi dua hingga tiga porsi ikan laut dalam seminggu.

Baca Juga: Benarkah Makan Ikan Bisa Bikin Tidur Nyenyak dan Otak Tajam? Ini Hasil Penelitiannya

Buah Beri

Sumber: thealbanianfitness

Karena aktivitas yang biasanya padat, pria biasanya lebih sering terpapar radikal bebas. Untuk melawannya, Anda membutuhkan asupan makanan sehat yang sangat kaya akan antioksidan semisal dalam buah beri. Anda dapat menambahkan buah beri ke dalam sereal sarapan, dijadikan smoothie atau camilan sehat. Selain melawan radikal bebas, antioksidan juga ternyata mampu memperlambat penurunan fungsi otak yang terjadi seiring bertambahnya usia.

Sayuran Hijau

Sumber: Balance by bistroMD Blog

Apabila Anda penggemar ikan laut, maka tidak ada salahnya untuk melengkapi makanan sehat Anda dengan sayuran hijau agar manfaatnya semakin banyak. Sayuran berwarna hijau gelap adalah penyanding yang tepat untuk daging yang sehat. Brikoli, kangkung atau bayam juga dikemas dengan antioksidan yang akan melawan oksidasi dalam tubuh. Perlindungan dari stres oksidatif ini juga melindungi dari peradangan pada sendi yang terkait dengan artritis, penyakit jantung, dan kemungkinan kanker.

Kacang dan Biji-bijian

Sumber: Small Footprint Family

Apabila suatu hari Anda membutuhkan camilan sehat yang bisa Anda konsumsi saat santai atau sebagai energi tambahan saat olahraga, Anda dapat pertimbangkan untuk mengonsumsi sebungkus biji almond atau biji bunga matahari yang banyak dijual di pasaran. Selain membuat Anda kenyang, konsumsi makanan sehat ini juga akan menjaga kesehatan Anda saat bepergian. Kacang-kacangan menyediakan lemak sehat serta berbagai mineral dan antioksidan yang diperlukan untuk kesehatan — terutama untuk jantung. Kacang juga merupakan sumber vitamin E yang baik, yang dapat membantu mengurangi plak arteri dengan melindungi kolesterol LDL dari oksidasi.

Alpukat

Sumber: Food Network

Alpukat adalah salah satu buah yang paling sehat karena mengandung dosis besar lemak tak jenuh tunggal dan kalium, yang bagus untuk tekanan darah. Alpukat juga memiliki serat, vitamin E, vitamin B, dan asam folat. Vitamin E dan asam folat sendiri adalah antioksidan kuat yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Anda dapat menambahkan alpukat ke dalam roti gandum.

Baca Juga: 5 Sajian Olahan Alpukat Anti Mainstream, Lezat juga Sehat!

Dengan mengonsumi beberapa jenis makanan sehat di atas, maka kesehatan Anda sebagai pria akan senantiasa terjaga meski Anda sibuk beraktivitas sepanjang hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here