6 Makanan Sunda yang Populer di Indonesia, Urang Sunda Mana Suaranya?

makanan sunda
Sumber : tribunnews

Siapa yang bisa menolak kenikmatan dari ragam makanan khas Sunda? Nampaknya tak ada. Dibandingkan dengan makanan tradisional Indonesia lainnya, makanan Sunda nampaknya paling populer di negeri ini akan terbuat dari bahan-bahan yang juga mudah didapatkan. Sebagaian besar makanan khas Sunda memiliki rasa asam segar, sedikit rasa manis, rasa asin, dan pedasnya yang sempurna. Nah, berikut ini adalah 6 ragam makanan khas Sunda yang populer dengan rasanya yang juara.

6 Makanan Sunda yang Populer di Indonesia, Enaknya Luar Biasa!

Nasi Timbel

Sumber: dream

Nasi Timbel adalah salah satu penyajian masakan Sunda yang sempurna karena menawarkan unsur-unsur yang paling lengkap, mulai dari sayuran mentah hingga saus terasi. Namun, yang membuat hidangan ini menarik adalah nasinya dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus atau dibakar hingga aroma harum dari daun pisangnya tercium dan menciptakan sensasi khusus. Tak lupa juga untuk menambahkan ayam goreng, tahu/tempe, dan sayur asam agar semakin nikmat.

Baca Juga: Berhasil Bikin Perut Lapar, 6 Makanan Khas Manado Ini Layak Dicoba!

Gepuk

Sumber: kelanamakan

Gepuk bisa dibilang sebagai dendeng khas Jawa Barat, namun juga bisa ditemukan di Jakarta. Rasa gurih dan sedikit manis dijamin menghipnotis para penikmatnya. Tekstur lembut dari daging sapi juga membuat gepuk menjadi menu kegemaran banyak orang. Sebelum direbus dengan bumbu yang berlimpah seperti daun salam, asam, dan lengkuas, dagingnya dihancurkan hingga cukup halus.

Surabi

Sumber: travelingyuk

Bila negara Barat memiliki pancake, maka Jawa Barat memiliki surabi yang rasanya tak kalah nikmat. Pancake tradisional khas Bandung ini terbuat dari campuran tepung gandum dan beras, dipanggang secara unik di cetakan kue tanah liat di atas arang panas. Ada berbagai macam topping yang bisa Anda pilih, seperti gula aren, pisang, keju, nangka, durian, dan lainnya.

Batagor

Sumber: infobandung

Batagor adalah singkatan dari “Bakso Tahu Goreng” yang berarti bakso dan tahu goreng. Bakso terbuat dari daging ikan giling, pati, daun bawang, garam, dan merica. Adonan tersebut kemudian dimasukkan di dalam tahu, digoreng menjadi renyah dan dipotong kecil-kecil. Saus kacang yang lezat, kecap manis, serta perasan jeruk nipis menjadi tambahan yang makin membuat cita rasa dari Batagor semakin sempurna.

Cireng

Sumber: merdeka

Cireng, singkatan dari “Aci Digoreng,” adalah salah satu makanan ringan yang paling disukai warga Indonesia, tak cuma warga Jawa Barat saja. Untuk membuat cireng, Anda hanya membutuhkan tepung tapioka dan tepung terigu yang dicampur dengan air, garam, lada, bubuk kedelai, dan daun bawang. Adonan dibagi menjadi potongan-potongan kecil, dibentuk menjadi berbagai bentuk, dan kemudian digoreng.

Karedok

Sumber: detik

Sekilas, karedok mirip dengan gado-gado karena terdiri dari ragam sayuran, yaitu buncis cincang, tanaman hijau kecil, mentimun, dan kubis. Sayuran-sayuran tersebut kemudian dipotong dan dicampur dengan kelapa parut yang telah dipanggang sebelumnya. Hidangan yang tampak seperti salad ini dapat langsung dimakan atau disantap bersamaan dengan nasi agar lebih mengenyangkan.

Beri komentar Anda tentang artikel ini