Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Data tahan tubuh wajib kamu jaga di tengah kondisi yang terjadi belakangan ini. Selain sedang musim hujan, ancaman virus corona juga patut kamu waspadai. Selagi lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, jangan lupa untuk tetap jaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan berikut ini ya.

Bawang Putih Menjaga Daya Tahan Tubuh dari Batuk dan Pilek

Bawang putih memiliki sifat antiseptik dan anti jamur yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain itu ada kandungan nutrisi yang mampu melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan virus.

Bawang putih yang dimakan secara mentah sebenarnya dapat manjur untuk mencegah batuk dan pilek. Jika kamu tidak terbiasa memakannya secara mentah, masak saja sup ayam hangat dengan bawang putih cukup banyak.

Jahe Bermanfaat untuk Memperkuat Kekebalan Tubuh

Begitu banyak manfaat yang dimiliki jahe dan sudah sejak lama dikonsumsi untuk menjaga ketahanan tubuh. Kandungan anti-inflamasi alias gingerol pada jahe dapat merelaksasi pembuluh darah sehingga dimanfaatkan sebagai pengencer darah alami.

Selain itu, jahe sudah biasa dipakai untuk mendukung kekebalan tubuh agar tidak rentan terkena sakit. Kamu bisa membuat minuman dari jahe atau mencampurkan jahe ke dalam masakan, misalnya sup.

Daya Tahan Tubuh Dapat Meningkat Jika Rutin Mengonsumsi Yogurt

Selain memiliki rasa yang enak, yogurt sangat digemari karena punya manfaat baik untuk kekebalan tubuh. Yogurt merupakan sumber probiotik yang sangat baik untuk tubuh serta mengandung vitamin A dan D yang mampu menurunkan risiko terkena flu.

Yogurt sendiri dapat dinikmati bersama potongan buah segar dan bisa kamu konsumsi di pagi hari. Rutin mengonsumsi yogurt membuat badan kamu lebih segar dan tidak gampang sakit.

Penuhi Kebutuhan Protein dengan Makan Daging

Jangan lupa penuhi kebutuhan tubuhmu dengan protein. Protein berguna untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Bahkan, protein menjadi komponen penting bagi sel darah putih yang bertugas menjaga sistem kekebalan tubuh.

Jadi, jaga daya tahan tubuh dan seimbangkan menu makan sehari-harimu dengan mengonsumsi daging. Kamu bisa mengolah daging menjadi berbagai varian masakan kesukaanmu agar tidak mudah bosan.

Baca Juga: Hidung Tersumbat? Ini 10 Cara Alami untuk Mengatasinya

Telur Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh

Selanjutnya, telur juga berperan dalam menjaga daya tahan tubuh. Kandungan zinc dan selenium pada kuning telur berperan dalam peningkatan kekebalan tubuh. Meski sederhana, menu olahan telur wajib kamu masukkan dalam menu kamu ya.

Kalau kamu agak cemas dengan kolesterol pada telur, kamu dapat menyiasatinya dengan membuat orak-arik telur. Buat orak-arik dari dua putih telur dan cukup satu kuning telur.

Jeruk Sangat Diandalkan untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Berbagai jenis jeruk sangat bermanfaat untuk tubuh, mulai dari lemon, jeruk nipis, jeruk keprok, dan lain-lain. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada jeruk mampu meningkatkan daya tahan tubuh, terutama di musim hujan begini.

Buat kamu yang sedang batuk, kamu bisa meringankan gejala batuk dengan membuat minuman dari jeruk nipis. Campurkan satu sendok madu untuk membantu melegakan tenggorakan.

Dengan Banyak Kandungan Vitamin, Brokoli Efektif Menjaga Daya Tahan Tubuh

Dari golongan sayur, sebaiknya kamu mengonsumsi brokoli yang kaya akan vitamin A, C, E, antioksidan, serta serat. Kandungan yang cukup komplit pada brokoli sangat baik untuk membantu kekebalan tubuh.

Banyak masakan bisa kamu olah dari bahan baku brokoli. Kamu bisa membuat ca brokoli, tumis brokoli, atau pun cap cay yang kaya dengan sayuran lain. Mudah dan lezat kan?

Wabah virus corona menuntut kita untuk tetap waspada. Jangan mudah panik dan tetaplah jaga daya tahan tubuh dengan rutin memakan makanan sehat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here