Selain Wortel, 6 Makanan Ini Baik untuk Kesehatan Mata Lho!

Buat kamu yang sudah berkacamata, pasti sadar banget ya pentingnya kesehatan mata sejak dini. Kalau bisa memutar waktu nih, kebiasaan buruk menonton televisi dengan jarak dekat hingga membaca sambil tiduran nggak bakal kamu lakukan. Tentu semua orang tidak ingin memiliki mata minus bukan? Saat matamu minus, kamu akan kesulitan melihat benda-benda dari jarak cukup jauh karena buram. Hal ini tentu sangat mengganggu penglihatan.

Memang sih ada yang mengatakan bahwa mata minus bisa terjadi karena faktor keturunan dan kebiasaan membaca dan menonton yang buruk. Namun, tidak ada salahnya juga kan kalau kamu menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk mata. Selain wortel, berikut ini ada beberapa makanan yang dapat mencegah matamu dari minus. Simak ya!

Bukan Hanya Enak, Ternyata Kacang Almond Baik untuk Kesehatan Mata

Kandungan vitamin E pada kacang almond ternyata dapat mencegah datangnya penyakit pada retina mata. Jadi, usahakan memasukkan kacang almond dalam menu makanmu sehari-hari ya.

Kalau selama ini kacang almond lebih dikenal untuk menjaga kesehatan kulit, tidak ada salahnya kamu mulai mengonsumsinya untuk menjaga matamu tetap sehat.

Beberapa Jenis Ikan Laut Wajib Kamu Konsumsi agar Matamu Sehat

Kesehatan mata dapat juga didapat dengan mengonsumsi ikan laut. Biasanya ikan laut dengan kandungan DHA tinggi sangat baik untuk mata. DHA merupakan salah satu asam lemak yang banyak ditemukan di retina.

Jenis ikan laut tersebut antara lain ikan salmon, ikan tuna, dan makarel. Wah, makan ikan ternyata banyak manfaatnya ya!

Baca Juga: Selain Bagus untuk Mata, Minum Jus Wortel Banyak Manfaatnya Lho

Untuk Kesehatan Mata, Setidaknya Kamu Harus Makan Sayuran Loh

Jangan pernah lupakan untuk selalu makan sayur. Kalau wortel memang sangat dikenal sebagai makanan untuk mencegah mata minus, beberapa sayuran hijau juga wajib kamu konsumsi.

Kandungan lutein dan zeaxanthin pada sayuran hijau dapat mencegah katarak sehingga sangat bagus untuk mata. Kalau kamu tidak ingin menderita katarak di usia senja, perbanyak deh makan sayuran hijau mulai dari sekarang.

Ternyata Penyakit Mata Bisa Dicegah dengan Telur

Bukan hanya sayuran yang memiliki lutein dan zeaxanthin. Telur juga memiliki dua kandungan tersebut sehingga telur bisa dikatakan juga baik untuk kesehatan mata.

Selain dapat mencegah katarak, mengonsumsi telur dapat mencegah degenerasi makular, yaitu sebuah penyakit cukup serius pada retina mata.

Siapa yang Bisa Menolak Makan Alpukat?

Selama ini alpukat dikenal sebagai buah yang sangat digemari oleh banyak orang. Ternyata tidak hanya enak semata, kandungan dalam alpukat baik untuk kesehatan mata juga loh. Alpukat mengandung banyak lutein.

Selain itu, buah ini membantu penyerapan nutrisi alfa karoten dan beta karoten yang dapat membentuk vitamin A. Wah, pantas dianjurkan dikonsumsi untuk menjaga dan merawat mata ya.

Kaya Akan Vitamin C, Ternyata Jeruk Juga Berguna Menjaga Kesahatan Mata

Buah jeruk bukan hanya sekadar untuk mencegah atau menyembuhkan sariawan. Vitamin C pada jeruk juga berguna untuk menjaga mata tetap sehat dengan cara meningkatkan kesehatan pada jaringan mata. Jadi, jangan ragu untuk rutin mengonsumsi buah jeruk ya. Salah satu buah yang cukup mudah untuk ditemui nih!

Bagaimana? Ternyata bukan hanya wortel yang bisa membantu menjaga kesehatan mata. Jangan lupa konsumsi makanan-makanan tadi agar matamu tetap sehat ya! Perbaiki pula kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa merusak mata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here