4 Hal Tak Terduga yang Bikin Anda Makin Kurus Setelah Bekerja

makin kurus setelah bekerja
Sumber : Elle Man

Gemuk setelah bekerja tentu bukanlah hal asing bagi sebagian besar orang. Kondisi finansial mapan dan aktivitas fisik yang makin terbatas memang menjadi penyebabnya. Namun, ternyata ada pula orang yang makin kurus setelah bekerja. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Pasti banyak orang bertanya-tanya mengapa ada orang yang makin kurus setelah bekerja.

Kemungkinan besar inilah lima penyebabnya:

Berdiri Terlalu Lama

Sumber : Wurk Space7

Bukan rahasia lagi bahwa berdiri memang membuat tubuh membakar kalori lebih banyak dibandingkan saat duduk. Ketika berdiri, tubuh akan membakar rata-rata 0,15 kalori per menit. Semakin lama Anda berdiri, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar. Hal ini menyebabkan Anda yang rutin bekerja di luar ruangan sembari bergerak cenderung lebih kurus daripada orang-orang yang duduk di belakang meja kerja. Kendati demikian, tetap saja Anda tak boleh berdiri terlalu lama agar terhindar dari risiko cedera otot kaki dan tulang.

Baca Juga: Inilah Alasan Pulang Tepat Waktu Setelah Bekerja Itu Penting

Makan Tidak Teratur

Sumber : W24

Pekerjaan yang super sibuk sering menjadi alasan untuk mengabaikan waktu makan. Bila hal tersebut terjadi terus-menerus, kemungkinan besar tubuh Anda akan kurus karena kekurangan kalori dan jenis gizi lainnya. Sesibuk apa pun Anda, jangan pernah mengabaikan waktu dan jenis makanan yang Anda santap. Pilihlah makanan dengan kandungan gizi seimbang supaya Anda memperoleh banyak energi untuk menyelesaikan pekerjaan.

Mengalami Stres Kerja

Sumber : Business 2 Communitiy

Jangan menganggap remeh kondisi tubuh yang makin kurus setelah bekerja. Karena bisa jadi hal tersebut merupakan gejala bahwa Anda mengalami stres kerja. Ketika mengalami stres kerja, Anda akan kehilangan nafsu makan akibat gangguan metabolisme tubuh. Energi tubuh terkuras habis untuk menyelesaikan tumpukan pekerjaan. Walaupun Anda makan dalam porsi wajar, stres kerja tetap rentan menyebabkan penurunan berat badan. Biasanya gejala stres kerja juga dibarengi dengan sakit kepala, emosi kurang stabil, dan rentan terkena penyakit menular.

Waktu Perjalanan yang Terlalu Lama

Sumber : Merdeka

Perjalanan pergi dan pulang kantor juga bisa menjadi penyebab Anda makin kurus setelah bekerja. Terutama jika Anda menggunakan transportasi umum ketika pergi dan pulang kerja. Anda akan menghabiskan banyak energi untuk menunggu atau berdiri di transportasi umum massal (misalnya bus TransJakarta dan commuter line). Sehingga tubuh pun akan semakin kurus karena lelah menempuh perjalanan panjang.

Apakah Anda termasuk orang yang makin kurus setelah bekerja?

Bila iya, mungkin sudah saatnya memperbaiki pola hidup Anda. Keseimbangan hidup akan membuat Anda lebih sehat dan bahagia. Anda pun tak kesulitan memiliki berat badan ideal.

Beri komentar Anda tentang artikel ini