Ini yang Pasangan Maksud saat Ia Bilang Butuh Waktu Sendiri

Menjalin hubungan asmara tidaklah selamanya menyenangkan, kadang kita harus rela berjuang agar hubungan tetap harmonis. Bukan tidak mungkin pertengkaran demi pertengkaran akan terjadi dan merusak keharmonisan hubungan. Pernyataan seperti, “Aku butuh waktu sendiri” pun bisa terlontar langsung dari mulut pasangan.

Namun,  jangan lantas kamu jangan menganggap hubunganmu sudah hancur. Menurut Arthur Aron, Ph.D seorang profesor riset psikologi sosial dan kesehatan di Stony Brook University, terkadang beberapa orang butuh waktu sendiri karena berbagai alasan. Aron menilai ini bukan hal buruk.

Waktu sendiri untuk seseorang bisa jadi hal yang sehat dalam sebuah hubungan. Memang memiliki hubungan dan interaksi yang kuat dengan pasangan itu baik, tetapi penting juga untuk memiliki ruang lain dalam hidupmu.

Dengan memiliki ruang lain dalam hidup, hubungan justru bisa tumbuh menjadi lebih baik. Nah, jika pasanganmu mengatakan bahwa ia butuh waktu sendiri, berikut ini adalah beberapa tafsirannya:

Pasangan Mungkin Merasa Kehilangan Jati Dirinya

Kadang hubungan yang intensif membuat seseorang merasa ia telah banyak berubah dan kehilangan tentang jati dirinya. Kamu mungkin merasa hubungan kalian baik-baik saja, namun bisa saja pasanganmu tengah merasa tidak nyaman karena ia sering melewatkan beberapa hal yang ia sukai demi menemani kamu. Oleh karena itu, kamu wajib memberikannya waktu untuk dirinya sendiri demi hubungan yang tetap harmonis kelak.

Baca Juga: Ups, Ini 7 Hal Sederhana yang Bisa Membuatmu Bertengkar dengan Pacar

Pasangan Merasa Semakin Jauh dengan Orang Lain

Seperti banyak topik lain dalam psikologi, masalah ini kembali ke masa kanak-kanak. Seseorang yang tumbuh dengan orang tua yang tidak selalu ada untuk dirinya atau kerap menerima perlakukan kasar, bisa membentuk karakter seseorang yang kerap menghindar.

Artinya, ia hanya tidak nyaman dengan kedekatan yang terlalu banyak. Ketika dua pasangan memiliki kepribadian yang senang menghindar, keduanya mungkin membutuhkan waktu sendiri dan hal ini bukan hal yang buruk.

Pasangan Ingin Bereksplorasi

Tak aneh lagi ketika ada orang yang menganggap salah satu tujuan utama dalam hidup adalah untuk mengeksplorasi dan mengembangkan diri. Proses ekplorasi dan pengembangan diri ini baik dilakukan dengan pasangan kamu, tetapi perlu diingat bahwa tidak semua peluang ada pada pasanganmu. Terkadang peluang itu hanya terbuka untuk dilakukan sendiri.

Baca Juga:  Dari 5 Zodiak yang Sensitif dalam Hubungan, Kamu yang Mana?

Beberapa Orang Kerap Butuh Waktu Sendiri

Biasanya hal ini dialami seseorang yang memiliki sifat sensitif sehingga ia mutlak butuh waktu sendiri. Ia perlu istirahat dari segala hal, termasuk dari interaksi dengan pasangannya, hanya karena mereka begitu mudah merasa kewalahan. Introvert mungkin juga membutuhkan waktu ekstra sendirian, dan ekstrovert mungkin menginginkan lebih banyak waktu dalam kelompok yang lebih besar daripada satu orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here