Ternyata Nih, Manajemen Risiko Bisa Diaplikasikan di Keseharian Anda

Anda mungkin sudah paham pentingnya aspek manajemen risiko dalam berbisnis. Bagaimana dengan manajemen risiko dalam kehidupan sehari-hari? Nah, fungsi ini masih jarang diketahui. Padahal, penting lho untuk aplikasikan manajemen risiko ketika mengambil keputusan nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Manajemen risiko ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari selama Anda melakukan cara-cara berikut dengan tepat.

Bisakah Manajemen Risiko Diterapkan dalam Kehidupan Sehari-Hari?

Anda Dikelilingi dengan Orang-Orang yang Tepat

Cara pertama manajemen risiko yang bisa dilakukan yakni menempatkan diri Anda dikelilingi oleh orang-orang yang bisa dipercaya. Situasi lingkungan seperti ini akan meminimalisir risiko yang terjadi pada setiap hal yang Anda pilih.

Ketika Anda berada di tengah orang-orang yang bisa dipercaya, Anda lebih mudah mengontrol keadaan, daripada ketika berada di lingkungan yang tidak terkontrol. Lingkungan ini juga membuat Anda lebih leluasa melakukan eksplorasi hal-hal yang mungkin akan sangat berisiko jika dilakukan bersama orang-orang yang belum teridentifikasi.

Mempelajari Apapun yang Akan Anda Lakukan

Mendalami setiap hal yang Anda lakukan adalah kunci lainnya yang dibutuhkan dalam meminimalkan risiko yang berpengaruh pada kehidupan pribadi Anda. Dengan kata lain Anda bisa menurunkan jumlah risiko yang bisa terjadi dengan cara mengurangi potensi terjadinya kesalahan yang Anda lakukan. Inilah yang akhirnya membuat risiko yang menghampiri Anda semakin kecil karena Anda paham dengan hal-hal yang selama ini dilakukan.

Baca Juga: 5 Tips Melakukan Manajemen Finansial bagi Pengantin Baru

Hanya Mendengarkan Seseorang yang Memiliki Apa yang Anda Inginkan

Meminta masukan dari orang lain adalah salah cara untuk melihat objek dalam perspektif yang lebih luas. Namun, manajemen risiko satu ini sedikit tricky jika ternyata Anda salah memilih sumber saran yang ternyata membuat Anda semakin dekat dengan risiko-risiko besar. Poinnya, sebaiknya Anda hanya mendengarkan masukan-masukan yang diberikan oleh orang yang memang memahami, berpengalaman dan tahu apa yang sebenarnya Anda inginkan.

Memahami Hal Buruk dan Baik Bisa Terjadi kepada Semua Orang

Manajemen risiko membantu Anda mengurangi potensi risiko yang akan terjadi, namun bukan berarti Anda tidak akan menghadapi hari-hari yang buruk. Anda harus ingat bahwa setiap orang tidak bisa terus bahagia tanpa melewati mengalami kesedihan. Ini artinya mental Anda perlu dilatih agar ketika hal buruk terjadi, Anda tidak meningkatkan risiko yang ada karena mental Anda yang lemah dan rapuh.

Jangan Overthinking

Berpikir terlalu lama dan mengorek terlalu dalam sesuatu yang membuat Anda berpikir keras hanya akan menghasilkan potensi-potensi buruk yang bisa terjadi. Situasi ini  membuat Anda tidak mengambil satupun risiko yang ada. Perlu Anda pahami manajemen risiko memang metode untuk meminimalisir risiko, namun bukan berarti menolak semua risiko yang ada.

Beri komentar Anda tentang artikel ini