6 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Rambut yang Masih Jarang Diketahui

Dari mulai bahan pelengkap roti panggang hingga masker wajah, alpukat adalah salah satu superfood yang wajib untuk sering Anda konsumsi. Manfaat alpukat yang sangat banyak tersebut berasal dari kandungan bermacam-macam vitamin dan mineral tidak hanya baik untuk bagian dalam tubuh, tetapi juga untuk bagian luar tubuh.

Namun sayangnya masih belum banyak yang mengetahui bahwa manfaat rambut juga sangat baik untuk rambut. Jika Anda mencari bahan yang dapat melembutkan tiap helai rambut, membantu memperbaiki kerusakan, memberi nutrisi, dan banyak lagi, tidak perlu mencari yang lain selain alpukat. Nah, ini yang akan alpukat berikan untuk rambut Anda:

Sumber: bp-guide

Menjaga Kelembaban

Satu alasan mengapa Anda wajib memasukkan alpukat ke dalam rutinitas kecantikan Anda adalah kemampuannya untuk membantu rambut mempertahankan kelembaban alami. Superfood ini memiliki kompleks asam amino berlemak yang dapat melapisi tiap helai rambut dan membantu mereka mengunci kelembaban dengan lebih baik. Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah rambut kering dan kasar, terutama saat menghadapi musim panas untuk bulan-bulan kering.

Baca Juga: Girls, Lakukan 5 Tips Merawat Rambut Ini Sebelum Tidur agar Rambut Indah dan Sehat!

Pertumbuhan Rambut

Manfaat alpukat selanjutnya untuk rambut adalah membantu pertumbuhan rambut Anda agar menjadi lebih kuat. Dengan vitamin dan mineral seperti tembaga, zat besi, vitamin A, B6, D, dan E, alpukat memiliki kemampuan untuk menyehatkan rambut dan kulit kepala sehingga  menciptakan kulit kepala yang sehat dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, alpukat juga dapat bekerja untuk menghilangkan sumbatan folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Mencegah Kerontokan

Selain meningkatkan pertumbuhan rambut, manfaat alpukat selanjutnya adalah mencegah kerontokan rambut – terutama jika Anda secara rutin mengonsumsinya. Beberapa studi  menunjukkan bahwa diet sehat yang kaya asam lemak dapat berdampak positif pada rambut, terutama yang berkaitan dengan kerontokan rambut.

Baca Juga: 4 Vitamin untuk Menjaga Kesehatan Rambut dan Mengatasi Rambut Rontok

Sumber: rambutalami

Melindungi Rambut

Sama seperti kulit, rambut juga membutuhkan perlindungan terhadap radikal bebas yang berasal dari lingkungan agar tetap sehat dan kuat. Untungnya, alpukat memiliki banyak vitamin dan mineral dan kaya antioksidan. Hasilnya, rambut terlihat dan terasa lebih sehat selama menjalani aktivitas.

Mengurangi Radang Kulit Kepala

Berkat sifatnya yang meningkatkan kelembaban, alpukat membuat perawatan rumahan yang bagus untuk peradangan kulit kepala. Karena gatal, kulit kepala yang terbakar biasanya juga terdiri dari kulit kering, alpukat dapat menenangkan daerah tersebut. Hal ini membantu menghidrasi kembali kulit kepala berkat asam lemak bergizi tinggi dan nutrisi kuat lainnya.

Menambah Kilau

Dengan nutrisi yang cukup banyak, manfaat alpukat selanjutnya untuk rambut adalah menambahkan kilau. Baik itu dibuat sebagai bahan pelengkap roti bakar untuk sarapan atau membuat masker rambut buatan sendiri, alpukat dapat memperbaiki area rambut yang kering dan rapuh dan memberikan nutrisi yang dalam. Hasilnya, rambut tampak lebih bersinar dan sehat dari sebelumnya.

Beri komentar Anda tentang artikel ini