Penting! Manfaat Basa-Basi saat Beraktivitas di Kantor

manfaat basa-basi
Sumber : GQ India

Banyak orang beranggapan bahwa basa-basi merupakan hal yang sangat tidak penting. Apalagi bila hal tersebut dilakukan saat beraktivitas di kantor. Sebenarnya, manfaat basa-basi justru penting untuk mendukung aktivitas kerja Anda. Sesekali, Anda perlu melakukannya agar bisa merasakan manfaatnya secara langsung.

Beberapa hal ini merupakan manfaat basa-basi yang bermanfaat bagi aktivitas Anda di kantor

Awal Percakapan yang Tepat dengan Semua Orang

Sumber : Pinterest

Mungkin Anda pernah merasa canggung ketika bertemu dengan karyawan lain di tempat kerja. Kalau Anda tidak terlalu akrab dengannya, percakapan basa-basi sebenarnya bisa menjadi penyelamat. Sapalah rekan kerja tersebut secara santai dan mulailah membicarakan tentang hal ringan seperti cuaca, kemacetan, atau kabarnya. Hal tersebut akan mencairkan suasana sehingga Anda tak lagi merasa canggung terhadap rekan kerja tersebut. Manfaat basa-basi membuat Anda tak harus selalu memulai pembicaraan tentang sesuatu yang serius.

Baca Juga: Ingin Pindah Kantor? Lakukan Dulu Hal-Hal Ini!

Melatih Kemampuan Proaktif

Sumber : Personnel Today

Orang yang kurang proaktif biasanya kesulitan memulai percakapan dengan siapa pun. Akibatnya, Anda akan kesulitan memperlihatkan potensi diri di tempat kerja. Anda dapat mengatasinya secara perlahan-lahan dengan membiasakan diri untuk basa-basi. Karena manfaat basa-basi akan melatih kemampuan proaktif Anda saat berinteraksi dengan orang lain. Jangan tunggu disapa duluan baru menyapa. Cobalah membuka obrolan ringan dengan orang-orang yang ada di lingkungan kerja Anda.

Menciptakan Kedekatan dengan Rekan Kerja

Intensitas mengobrol yang kurang akan membuat hubungan Anda dan rekan kerja menjadi renggang. Oleh sebab itu, Anda harus lebih aktif berhubungan baik dengan seluruh rekan kerja, terutama rekan kerja satu tim. Manfaat basa-basi pasti ampuh mempererat hubungan Anda dan rekan kerja. Karena berbagai obrolan serius maupun santai bisa dimulai dari sekadar basa-basi.

Anda akan Semakin Panjang Umur

Sumber : Career Addict

Pada tahun 2014, ada sebuah penelitian yang dilakukan untuk menguji manfaat basa-basi bagi kesehatan. Ada responden yang melakukan basa-basi dengan barista dan ada pula yang tidak. Hasilnya, responden yang basa-basi dengan barista terbukti memiliki mood lebih baik dan mendapatkan energi positif dari interaksi tersebut. Sehingga kesehatan mental pun akan senantiasa terjaga bila Anda sering melakukan basa-basi.

Nah, sekarang Anda tak ragu lagi melakukan basa-basi saat beraktivitas di kantor, kan?

Nikmati suasana kerja di kantor supaya produktivitas Anda meningkat. Basa-basi dengan kadar yang pas akan membuat Anda merasa lebih nyaman beraktivitas di kantor.

Beri komentar Anda tentang artikel ini