Kaya Vitamin, Inilah Manfaat Bayam untuk Mengurangi Risiko Kanker

Sudah terbukti ada banyak manfaat bayam bagi kesehatan yang harus kamu ketahui. Sayuran berdaun hijau atau merah ini mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin K, vitamin E, mineral, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, sodium, juga serat dan antioksidan.

Jadi wajar jika bayam disebut sebagai superfood. Berikut ini beberapa manfaat bayam bagi kesehatan yang akan membuat kamu terkejut.

Meningkatkan Energi

Secangkir bayam yang dimasak dapat memberikan sekitar 157 miligram magnesium, yang merupakan 40 persen asupan harian yang direkomendasikan. Mineral ini sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu mengonsumsi bayam juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi, dan nutrisi lainnya. Mengonsumsinya bisa meningkatkan energi karena membantu mengangkut oksigen melalui sel darah merah.

Melindungi Kesehatan Mata

Mengonsumsi lebih banyak sayuran dari biasanya, termasuk bayam, mampu mengurangi risiko masalah penglihatan, terutama yang berkaitan dengan usia seperti katarak dan degenerasi makula.

Bayam salah satu sumber makanan alami terbaik lutein dan zeaxanthin, yang memiliki fungsi antioksidan penting. Hasil penelitian yang tercatat oleh Scripps Research Institute menunjukkan jika mengonsumsi tiga porsi bayam per minggu dapat menurunkan risiko degenerasi makula sebanyak 43 persen.

Baca Juga: Keriput di Bawah Mata Bikin Kesal? Coba Deh Cara Ini

Meningkatkan Kesehatan Rambut dan Kulit

Vitamin A dibutuhkan untuk memproduksi sebum agar rambut tetap lembab dan sehat. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh termasuk kulit.

Sedangkan vitamin C mampu memberikan banyak manfaat kecantikan, seperti kekuatan rambut, pertumbuhan kuku, mengurangi kerutan, dan menghindari kulit kering.

Nah, vitamin A dan C bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi bayam.

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Bayam adalah sumber kalsium dan vitamin K. Kedua nutrisi ini memainkan peran penting dalam kesehatan tulang. Bayam mampu meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang.

Namun, Anda juga harus lakukan kombinasi dengan asupan sayur dan buah lainnya. Pasalnya, bayam juga mengandung asam oksalat yang dapat mengurangi jumlah nutrisi yang diserap tubuh.

Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat bayam bagi kesehatan lainnya, yakni untuk mengurangi risiko kanker yang mengancam. Memang belum banyak penelitian lanjutan dalam membahas hal ini, tapi sejauh ini kandungan antioksidan dalam bayam memiliki efek perlindungan terhadap risiko kanker.

Selain itu, beta-karoten dan vitamin C mampu menangkal radikal bebas dan zat penyebab kanker sebelum itu benar-benar merusak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here