Jangan Ragu Bekerja Serabutan Sebelum Mendapatkan Pekerjaan Tetap

Menjadi pengangguran merupakan hal yang ditakuti semua orang. Sebenarnya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi masalah ini. Salah satu yang paling mudah untuk dilakukan adalah bekerja serabutan.

Bekerja serabutan merupakan aktivitas pekerjaan tak menentu yang bisa dilakukan sebelum mendapatkan pekerjaan tetap.

Jadi, definisi bekerja serabutan tak identik dengan pekerjaan kasar yang menyita tenaga lho. Saat ini banyak pekerjaan serabutan yang bisa dilakukan secara remote maupun part time.

Kamu tak perlu ragu atau malu bekerja secara serabutan karena justru kamu bisa mendapatkan beberapa keuntungan berikut ini:

Semakin Terlatih Melakukan Manajemen Waktu

Saat bekerja serabutan, kemungkinan besar kamu akan mengambil beberapa pekerjaan secara bersamaan. Oleh karena itu, kamu akan semakin terlatih melakukan manajemen waktu untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Soft skill yang satu ini sangat dibutuhkan ketika nanti kamu sudah mendapatkan pekerjaan tetap.

Baca Juga: Bosan Kerja Kantoran? Lakukan Ini untuk Mendapatkan Remote Job

Mempelajari Berbagai Kemampuan Baru

Mayoritas orang yang pernah bekerja serabutan biasanya menekuni bidang yang masih asing. Namun, bukan berarti kamu tak bisa menyelesaikannya dengan baik.

Menekuni hal baru justru memacu kamu untuk lebih giat mempelajari kemampuan baru. Tanpa disadari, kemampuan kerja kamu pun akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jam terbang.

Banyak Kesempatan untuk Mengenal Teman-Teman Baru

Bekerja serabutan memang membuat seseorang berada dalam lingkungan kerja yang berbeda. Ini jelas menguntungkan karena kamu memiliki kesempatan untuk mengenal teman-teman baru.

Bukan mustahil bila nanti peluang kerja atau bisnis berasal dari pertemanan kamu selama menekuni pekerjaan serabutan. Jadi, sebaiknya kamu memperluas relasi semaksimal mungkin ketika bekerja.

Tahan Banting Menghadapi Berbagai Karakter Orang Lain

Masalah dengan atasan, rekan kerja, atau bawahan memang sering menimbulkan rasa jengkel. Namun, rasa jengkel sebenarnya bisa diminimalkan jika kamu sudah tahan banting menghadapi berbagai karakter orang lain.

Orang-orang yang bekerja serabutan pada umumnya lebih sabar menghadapi beragam karakter karena harus bertahan dalam persaingan kerja yang ketat. Bekal inilah yang bisa kamu bawa saat memasuki lingkungan kerja yang baru.

Mendapatkan Penghasilan dari Beberapa Pekerjaan

Selama menjalani pekerjaan serabutan, kamu memang tidak hanya terikat pada satu pekerjaan saja. Dari sisi kestabilan finansial, kamu mungkin merasa kurang. Namun, sebenarnya kamu berpeluang besar mendapatkan penghasilan dari beberapa pekerjaan sekaligus.

Saat ini tak sedikit para pekerja serabutan yang memperoleh rata-rata penghasilan lebih besar daripada karyawan tetap di kantor.

Jadi, kamu tak perlu minder bekerja serabutan jika memang belum memiliki pekerjaan tetap. Jalani pekerjaan kamu dengan bangga supaya hasilnya maksimal dan bermanfaat bagi diri sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here