Manfaat Brain Workout untuk Asah Kreativitas dan Problem Solving

Kemampuan problem solving penting bagi seseorang untuk berkembang secara profesional maupun personal. Problem solving merupakan kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengurai masalah dengan solusi yang tepat dan efektif. Sudahkah kamu memiliki kemampuan problem solving? Jangan khawatir, kemampuan problem solving bisa diasah dengan melakukan brain workout atau olahraga otak. 

Ya, otak pun perlu dirangsang secara berkelanjutan agar fungsi dan perannya tetap berjalan. Jadi, jangan heran bila kamu disarankan untuk rutin melakukan brain workout. Melalui brain workout, kamu melatih otak untuk memiliki kemampuan yang optimal. Brain workout akan merangsang sel-sel di dalamnya untuk bekerja lebih tajam dan cepat.

Pentingnya brain workout juga ditegaskan Patricia Oliveira, Serious Fun Designer & Connection Facilitator, ketika mengisi webinar Brain Workout bersama dengan Jessica Amancio dan Celine Oliviera dari Veronica’s Webinar, yang diadakan oleh Agile Circles Indonesia, dan didukung oleh Job-Like.com beberapa hari silam.

Baca Juga: Founder Terampil.com Beberkan Kesalahan Saat Bangun Bisnis Startup

Patricia menjelaskan brain workout akan membantu individu untuk meningkatkan kemampuan kreativitas. Kreativitas sendiri menjadi salah satu elemen penting untuk menghasilkan ide-ide segar. Namun, ia menegaskan kreativitas tidak hanya muncul karena ide-ide yang bagus. Kepada para peserta webinar, menurutnya kreativitas pun bisa lahir setelah seseorang melalui pengalaman melahirkan ide-ide yang buruk. 

“Menurut survei di Linkedin, kreativitas berada pada urutan pertama top soft skill 2020. Menurut saya kreativitas bukan sekadar memiliki ide-ide yang cemerlang. Karena sebelum menemukan ide-ide yang cemerlang, pasti seseorang pernah melalui kesulitan dengan ide-ide yang ternyata buruk. Kreativitas juga bukan karena selalu berpikir di luar kotak. Ini klise. Ada kalanya pembatasan-pembatasan yang dilakukan justru melahirkan kreativitas,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa kreativitas ibarat sebuah teknologi yang alami. Pasalnya, berimajinasi adalah kemampuan mendasar yang dimiliki oleh setiap manusia. Dengan berimajinasi, seseorang pada akhirnya bisa melahirkan ide untuk mengatasi masalah. Nah, pertanyaannya kemudian adalah bagaimana cara untuk mengasah kreativitas? Brain workout seperti apa yang bisa dilakukan dengan mudah oleh setiap orang?

Baca Juga: Creative Burnout: Lakukan Ini Saat Kreativitas Kerja Menurun

Patricia dan kedua rekannya mempraktikkan latihan mengasah otak kepada para peserta webinar. Dalam praktiknya, pertama, ia membagikan formula kreativitas, yakni kemauan untuk bertanya, bereksplorasi, berimajinasi, mengamati, berkoneksi, dan beradaptasi, lalu menggabungkan kesemuanya itu dengan ide.

Praktik selanjutnya, ia mengajak para peserta untuk berpartisipasi memainkan beberapa permainan brain workout, seperti menemukan kata-kata dalam teka-teki silang, menyambung kata untuk melahirkan sebuah ide, menjawab pertanyaan dengan gerakan fisik, dan membuat sketsa abstrak yang kemudian menjadi sebuah objek setelah ditambah elemen-elemen ide. 

“Semua orang bisa menjadi kreatif. Kreativitas adalah imajinasi kita yang diaplikasikan untuk menyelesaikan masalah. Yang perlu dilakukan adalah mengasah otak dengan bermain. Semakin sering kita bermain, maka otak akan semakin kreatif,” bilangnya.

Nah, siap melakukan brain workout? Yuk, coba lakukan permainan-permainan mudah, seperti teka-teki silang, agar otak terus terstimulasi untuk melahirkan kreativitas yang akan melahirkan ide atau solusi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here