Employee Background Check, 5 Manfaat Melakukannya Saat Perekrutan

Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang tertentu melakukan employee background check saat melakukan proses perekrutan. Hal ini diperlukan agar suasana kerja menjadi aman dan nyaman bagi semua karyawan.

Employee background check merupakan kegiatan memverifikasi latar belakang seseorang. Baik latar belakang kesehatan, pendidikan, keuangan, keluarga, pengalaman kerja dan latar belakang kriminal. Proses ini umumnya dilakukan saat perekrutan karyawan. Beberapa industri yang relevan melakukan background check, yaitu keuangan, pertahanan dan kesehatan.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan perusahaan dengan melakukan background check, yaitu,

Memberikan Gambaran yang Lengkap tentang Kandidat Karyawan

Seorang kandidat karyawan sangat mungkin bisa melewati proses wawancara kerja yang dilakukan oleh perusahaan, meskipun ia tidak memiliki kemampuan atau persyaratan yang cukup.

Dengan melakukan background check, perusahaan bisa memastikan bahwa informasi yang diberikan kandidatnya adalah informasi yang sebenar-benarnya. Sehingga, perusahaan bisa mendapatkan kandidat karyawan yang benar-benar potensial.

Mengetahui Nilai-Nilai Kerja dan Cara Kerja Karyawan

Background check juga diperlukan untuk mengetahui nilai-nilai dan cara kerja karyawan. Semisal, jika kandidat karyawan punya kecenderungan untuk semena-mena atau menyakiti bawahan, maka perusahaan bisa menolak kandidat karyawan tersebut.

Baca Juga: Lakukan Cara Ini untuk Meningkatkan Retensi Karyawan

Demikian pula jika kandidat karyawan terbukti pernah menggunakan obat-obatan terlarang atau pernah mengendarai kendaraan dalam keadaan mabuk, perusahaan bisa menolaknya untuk melindungi karyawan yang sudah bekerja sebelumnya.

Employee Background Check Menjamin Keamanan Pelanggan dan Semua Karyawan

Dengan melakukan background check, keamanan semua karyawan yang bekerja atau terlibat dalam sebuah proyek akan merasa aman dalam bekerja. Semisal, karyawan akan merasa aman jika mengetahui bahwa rekan kerjanya tidak memiliki kemungkinan melakukan pelecehan seksual. Perusahaan juga akan merasa aman jika mengetahui dengan pasti karyawannya tidak mungkin membocorkan rahasia perusahaan.

Tidak hanya itu, dengan melakukan background check perusahaan juga menjamin keamanan konsumen. Semisal, perusahaan dan pelanggan (nasabah) akan merasa aman jika kasir bank yang melayaninya tidak memiliki latar belakang kriminal.

Ketenangan dalam bekerja diperlukan agar karyawan bisa menyelesaikan pekerjaan sebaik-baiknya. Selain itu, keamanan bekerja juga dibutuhkan untuk menghindari masalah yang bisa mengganggu produktivitas.

Dengan melakukan employee background check, perusahaan dan karyawan akan mendapatkan ketenangan dan kenyamanan dalam bekerja. Sehingga bisa menyediakan jasa atau produk yang berkualitas kepada pelanggan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here