Tidak Hanya Nikmat Diseruput, Ini Dia Manfaat Green Coffee untuk Tubuh

Tidak Hanya Nikmat Diseruput, Ini Dia Manfaat Green Coffee Untuk Tubuh
Sumber: Healthline

Green coffee beans adalah biji kopi yang masih belum di-roasting atau dipanggang. Proses roasting ini dapat mengurangi jumlah senyawa yang disebut dengan asam klorogenik. Oleh karena itu, kopi panggang biasa yang kita konsumsi memiliki jumlah asam klorogenik lebih sedikit dan tidak memiliki manfaat yang sama dengan green coffee. Lalu, apa manfaat green coffee untuk tubuh?

Manfaat Green Coffee untuk Tubuh

Manfaat Green Coffee

1. Meningkatkan Metabolisme

Asam klorogenik yang terkandung dalam green coffee adalah penguat metabolisme yang baik karena dapat meningkatkan Basal Metabolic Rate (BMR) tubuh untuk bisa membesar, di mana ini akan menurunkan pelepasan glukosa berlebihan dari hati ke dalam darah. Selanjutnya, tubuh akan mulai membakar lemak berlebihan yang tersimpan dalam sel lemak untuk memenuhi kebutuhan glukosa.

2. Mempertahankan Kesehatan Jantung

Kolesterol jahat (LDL) dapat menyebabkan masalah jantung yang memicu penyakit kardiovaskuler. Tumpukan kolesterol jahat dalam tubuh dapat menyempitkan arteri dan sebuah kondisi yang disebut dengan atheroslerosis pun dapat terjadi, di mana plak terbentuk dan membatasi aliran darah. Manfaat green coffee yang diminum secara teratur pun akan mengurangi kolesterol jahat karena keberadaan asam klorogenik.

Baca Juga: Ini Manfaat Teh Hijau dan Caranya Menurunkan Berat Badan

3. Mendetoksifikasi Tubuh

Karena green coffee beans masih mentah dan tidak diolah, jenis kopi ini pun mengandung jumlah antioksidan tinggi, di mana ini bisa mencegah radikal bebas berbahaya yang menyerang tubuh. Manfaat green coffee ini juga dapat membantu detoksifikasi secara alami dengan cara membersihkan liver dan membuang racun, serta lemak yang tidak diperlukan dari dalam tubuh.

4. Menekan Nafsu Makan

Apakah Anda sedang berjuang untuk menurunkan berat badan, tetapi tidak bisa karena Anda terus merasa lapar? Well, green coffee dapat membantu Anda. Untuk mengurangi nafsu makan, minumlah green coffee karena dapat membantu mengendalikan keinginan makan yang tidak diinginkan dan mencegah Anda makan berlebihan sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Asam klorogenik yang terkandung dalam green coffee ini akan bertindak sebagai penekan nafsu makan alami.

5. Mengontrol Tingkat Gula Darah

Manfaat green coffee selanjutnya adalah untuk mengontrol tingkat gula darah. Green coffee beans sendiri diketahui dapat mengatur tingkat gula darah. Jadi, bila Anda punya masalah diabetes, minum green coffee dapat membantu menurunkan penyerapan gula dalam usus kecil dengan mengurangi ketersediaan gula. Lebih lanjut menurunkan peradangan dalam tubuh dan membantu menurunkan kadar gula darah dalam aliran darah.

Efek Samping Minum Green Coffee Beans

Biarpun ada manfaat green coffee, namun Anda juga perlu tahu akan adanya efek samping minum green coffee beans bila dikonsumsi secara berlebihan. Jadi, yang penting adalah Anda memastikan dosis yang direkomendasikan saat berbicara tentang makanan dan minuman. Dalam hal ini, green coffee termasuk aman, namun penting pula untuk memahami bahwa green coffee juga mengandung kafein yang mirip dengan kopi biasa.

Namun dalam beberapa kasus yang terjadi pada sebagian orang, konsumsi kafein yang berlebihan dapat menyebabkan kegelisahan, gelisah, sakit kepala, dan detak jantung yang tidak teratur. Juga, mengonsumsi asam klorogenik dengan dosis tinggi diketahui dapat meningkatkan tingkat homocystein plasma, di mana ini dikait-kaitkan dengan penyakit jantung.

Kapan Waktu Terbaik Minum Green Coffee

Untuk bisa mendapat manfaat green coffee, Anda perlu tahu kapan waktu terbaik untuk minum green coffee, yaitu tepat setelah Anda makan karena pada umumnya setelah makan kadar gula darah dalam tubuh akan naik karena kandungan karbohidrat dan protein dalam makanan. Minum green coffee akan mencegah lonjakan tingkat gula darah secara tiba-tiba dan akan membuat Anda tetap berenergi sepanjang hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here