Wah, Manfaat Kentut yang Positif Ini Nyatanya Bisa Membuat Anda Bahagia!

Jangan Malu Untuk Kentut! 6 Manfaat Kentut yang Positif Ini Bisa Membuat Anda Bahagia
Sumber: Westender

Mendadak kentut di depan publik dianggap sebagai hal yang memalukan. Teman-teman Anda bisa memperolok-olok Anda tanpa henti dan hal ini pasti akan membuat Anda makin malu. Di sebagian kasus, banyak orang yang berusaha keras menahan kentut untuk mencegah penghinaan. Biarpun membuat harga diri Anda seperti dijatuhkan saat kentut di depan teman Anda, setelah tahu manfaat kentut, hal ini akan langsung membuat Anda bahagia. Apa sajakah manfaat itu?

Pemicu dan Manfaat Kentut untuk Kesehatan

Sumber: hellosehat

Pemicu Kentut

Jadi apa yang menyebabkan Anda kentut? Kentut adalah gas yang terbentuk dalam perut sebagai proses pencernaan dan pernapasan. Kentut adalah angin yang lewat dari tubuh dan bisa memberi perasaan lega dari masalah gas yang tidak diinginkan. Namun, frekuensi kentut cukup bervariasi dari orang ke orang. Hal ini disebabkan karena fungsi sistem pencernaan tiap individu sangatlah unik.

Berapa orang bisa kentut tiap jam, sementara yang lain tidak. Apa pun itu, sangat penting untuk melepaskan gas perut daripada menahannya. Menghalangi jalur kentut dapat memberi efek buruk pada kesehatan. Sedangkan membiarkan gas pergi bisa membuat sistem pencernaan sehat, sekaligus dapat menyeimbangkan bakteri usus hingga memudahkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme.

Baca Juga: Terungkap! Ini Alasannya Mengapa Setelah Makan Ubi Orang Bisa Terkentut-Kentut

Manfaat Kentut untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat kentut yang tidak pernah Anda duga.

  1. Mengurangi masalah perut kembung. Pencernaan yang tidak benar dapat menyebabkan perut kembung. Hasilnya pun terjadi pembentukan gas dan menahan kentut bahkan bisa menyebabkan stroke. Oleh karena itu Anda disarankan untuk melepaskan gas dari dalam tubuh dalam bentuk kentut. Hal ini akan memudahkan tubuh dan membuat fungsi sistem pencernaan bekerja lebih baik.
  2. Bertujuan untuk menyeimbangkan makanan dalam tubuh. Kentut tidak secara langsung menentukan makanan yang dimakan dan kuantitasnya, tetapi dapat memberi petunjuk umum apakah pola diet yang Anda ikuti tepat atau tidak. Ini seperti terlihat pada orang-orang non-vegetarian dan makan terlalu banyak daging merah yang seringkali memiliki kentut bau. Sedangkan orang yang makan banyak karbohidrat memiliki kentut tidak bau atau netral. Jadi, manfaat kentut di sini adalah untuk membantu menentukan kurangnya nutrisi pada makanan Anda sehingga Anda dapat menyeimbangkannya.
  3. Meredakan nyeri perut. Distensi perut terjadi sebagai akibat dari menahan kentut dalam jangka waktu lama. Nyeri perut ini pun membuat perut menjadi tidak nyaman. Terkadang, orang yang tidak dapat kentut terlihat memijat perut untuk menggerakan gas melewati saluran pencernaan dan membiarkannya keluar. Hal ini pun dapat mengurangi nyeri perut.
  4. Meningkatkan kesehatan usus besar. Manfaat kentut selanjutnya adalah untuk menyehatkan usus besar. Kentut di tempat umum menjadi alasan seseorang dipermalukan. Tetapi penting sekali bagi penderita disfungsi usus besar untuk tidak menahannya. Jika ia berusaha untuk menghentikan aliran gas atau mengarahkan kembali ke saluran pencernaan, lebih lanjut usus besar akan terpengaruh dan mengobarkan wasir. Hal ini pun dapat berakibat buruk pada kesehatan. Jadi, biarkanlah gas keluar untuk meningkatkan kesehatan usus besar.
  5. Mendeteksi alergi makanan. Poin ini terdengar mengejutkan, namun kentut dapat menentukan kehadiran alergi makanan dalam tubuh. Alergi seperti penyakit kolik dan intoleransi laktosa meningkatkan frekuensi gas dalam perut. Jika secara tak disengaja Anda memiliki jenis makanan tersebut, kemungkinan besar Anda memiliki alergi. Untuk itu, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendeteksi keadaan tersebut.
  6. Mencium kentut menyehatkan. Manfaat kentut yang satu ini tentu tidak Anda duga, bukan? Hal ini disebabkan karena kandungan hidrogen sulfida dalam kentut yang terjadi dalam usus. Senyawa ini dapat melakukan pencegahan kerusakan mitokondria dalam sel, mengurangi risiko terkena stroke, arthritis, dan penyakit ringan lainnya.

Manfaat kentut di atas cukup menyehatkan. Namun jika Anda ingin terhindar dari respon dipermalukan oleh teman-teman, Anda dapat makan dengan lebih lambat, menghindari makanan dingin dan pemanis buatan, serta melakukan olahraga secara teratur untuk meningkatkan metabolisme dan pencernaan dalam tubuh sehingga pembentukan gas dapat dikurangi.

Beri Komentar Anda

komentar