Yuk, Lakukan Clean Sleeping demi Tubuh yang Lebih Sehat!

Sumber : Netz

Banyak faktor yang membuat masyarakat modern mengalami kurang tidur. Selain rutinitas kerja yang padat, pengaruh smartphone dan perubahan gaya hidup jelas menjadi penyebab utama. Sayangnya, tak banyak orang yang berusaha untuk mengembalikan kualitas tidur. Padahal, Anda bisa melakukannya dengan cara yang mudah. Salah satu cara yang dapat Anda praktikkan demi kualitas tidur yang lebih baik adalah clean sleeping.

Apa yang dimaksud dengan clean sleeping?

Kenali Dulu Definisinya!

Sumber : India Times

Clean sleeping pertama kali dipopulerkan oleh seorang aktris berkebangsaan Amerika Serikat, Gwyneth Paltrow. Definisinya bisa dijabarkan secara harfiah, yaitu tidur dalam keadaan tubuh yang bersih. Karena tubuh yang bersih akan membuat Anda merasa nyaman dan mudah tidur dalam waktu lama. Anda berkesempatan tidur selama kurang lebih enam sampai delapan jam bila melakukan metode tersebut dengan cara yang tepat.

Baca Juga: Ingin Meningkatkan Kualitas Tidur? Coba 5 Cara Alami Ini

Cara Efektif Menerapkan Clean Sleeping

Sumber : Sporteluxe

Tidurlah Sebelum Jam Sepuluh Malam

Salah satu hal yang wajib Anda lakukan demi pola tidur yang teratur adalah mulai tidur sebelum jam sepuluh malam. Karena waktu tersebut adalah momen yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh. Bila Anda tidur sebelum jam sepuluh malam, Anda punya banyak waktu beristirahat dan akan merasa segar ketika bangun di pagi hari.

Luangkan Waktu untuk Mandi

Sesibuk dan selelah apa pun Anda, usahakan untuk mandi sampai bersih sebelum menuju ke tempat tidur. Tubuh dan rambut yang bersih akan membuat Anda lebih rileks dan nyaman. Anda pun akan terbebas dari rasa gelisah akibat tubuh kotor. Syarat clean sleeping yang satu ini wajib menjadi kebiasaan baru Anda mulai sekarang.

Membatasi Penggunaan Gadget

Demi aktivitas tidur yang berkualitas, Anda juga wajib membatasi penggunaan gadget. Usahakan untuk tidak membawa gadget ke tempat tidur. Supaya Anda bisa bersantai sejenak sebelum tidur tanpa pengaruh gadget. Menggunakan gadget terus-menerus akan menstimulasi otak untuk aktif sepanjang malam. Akibatnya, Anda malah jadi susah tidur dan rentan sakit.

Tidak Mengonsumsi Kafein di Sore Hari

Konsumsi kafein di sore hari akan membuat aktivitas otak semakin aktif hingga Anda kesulitan tidur. Selain dari kopi, kafein juga kerap terdapat dalam teh, cokelat, dan beberapa jenis makanan lainnya. Alangkah lebih baik bila Anda menghindari makanan dan minuman mengandung kafein di sore hari. Sehingga Anda lebih mudah rileks dan bisa lekas tidur saat sudah malam.

Tertarik mencoba clean sleeping demi kualitas kesehatan yang lebih baik?

Yuk, lakukan mulai sekarang agar bisa segera memperoleh manfaatnya!

Beri komentar Anda tentang artikel ini